Penulis / NIM
YULISNA ISMAIL / 131411062
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Yulisna Ismail. 2015. Pengelolaan Life Skill Peserta Didik di SMP Negeri 3 Gorontalo Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Siti Roskina Mas, MM, M.Pd dan pembimbing II Dr. Novianty Djafri M.Pd.I.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan life skill, (2) pelaksanaan life skill, dan (3) evaluasi life skill di SMP Negeri 3 Gorontalo Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data menggunakan; kredibilitas triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa yaitu: (1) perencanaan life skill peserta didik di SMP Negeri 3 Gorontalo dilaksanakan secara terprogram melalui rapat dewan guru yang mengacu pada visi dan misi sekolah dengan melibatkan semua stakeholder terkait sehingga mereka mampu mengaktualisasikan potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik baik dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap. (2) pelaksanaan life skill dilaksanakan pada akhir semester atau dikaitkan dengan hari ulang tahun sekolah dan dalam satu minggu dua kali dilaksanakan pada setiap sore hari, dan (3) Evaluasi life skill peserta didik di SMP Negeri 3 Gorontalo dilaksanakan secara rutin setiap bulan sampai dengan akhir semester yang diarahkan pada pengembangan minat dan bakat setiap peserta didik.
Kata Kunci: Pengelolaan, life skill
Download berkas