SKRIPSI

Penulis / NIM
MIMAN MAKUNTAI / 131411068
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK Miman Makuntai. 2015. Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Konflik Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Paguat. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Dr. phil. H. Ikhfan Haris, M,Sc, Pembimbing II Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kemampuan kepala sekolah memahami proses terjadinya konflik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Paguat, (2) mengetahui gambaran teknik kepala sekolah mengatasi konflik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Paguat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan 3 (tiga) orang guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kepala sekolah mampu mengatasi konflik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Paguat dengan memahami cara dan proses terjadinya konflik yang diindikasikan dengan beberapa hal sebagai berikut: a) Kondisi yang mendahului konflik, b) konflik yang dapat diamati dan konflik yang dapat dirasakan, c) penyelesaian atau penekanan konflik. (2) Teknik-teknik yang digunakan dalam mengatasi konflik oleh kepala sekolah antara lain sebagai berikut: (1) teknik pemecahan masalah, (2) teknik penghindaran, (3) teknik pelancaran/tindakan meratakan dan (4) teknik kompromi. Dari ke 4 (empat) teknik diatas kepala sekolah lebih sering menggunakan teknik pemecahan masalah karena teknik tersebut merupakan teknik win-win solution. Terkait temuan tersebut disarankan: (1) kepala sekolah senantiasa meningkatkan pemahaman tentang proses terjadinya konflik melalui strategi untuk memahami kondisi yang mendahului konflik, konflik yang dapat diamati dan konflik yang dapat dirasakan, serta penyelesaian atau penekanan konflik. (2) untuk mengatasi konflik yang yang terjadi pada guru kepala sekolah perlu meningkatkan strategi yang dimilikinya untuk mengelola konflik agar konflik yang terjadi tidak dapat menghambat kegiatan-kegiatan pendidikan. (3) Dari hasil penelitian, untuk mengatasi konflik guru yang ada atau yang terjadi disekolah, sebaiknya kepala sekolah menggunakan teknik pemecahan masalah karena teknik ini dianggap lebih efektif. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Konflik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011