Penulis / NIM
NINGSIH NALOLE / 131411076
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Ningsih Nalole. 131 411 076 . Pengelolaan Pendidikan Multikultural Pada Siswa di SMP Negeri I Paguyaman. Bimbingan Prof.Dr. Ansar, S.Pd.M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Dr. Novriyanty Djafari, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan; (1) Perencanaan pengelolaan pendidikan multikultural siswa di SMP Negeri 01 Paguyaman, (2) Pelaksanaan pengelolaan pendidikan multikultural siswa Di SMP Negeri 01 Paguyaman, (3) Evaluasi pengelolaan pendidikan multikultural pada siswa Di SMP. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kualitatif deskriptif hasil penelitian. Prosedur pengumpulan data di lakukan dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan ; (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, (3) interpretasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan, Perencaanaan dan Evaluasi Pengelolaan Pendidikan Multikultural di SMP Negeri I Paguyaman. Sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif
Hasil penelitian diperoleh bahwa, Pengelolaan pendidikan multikultural di SMP Negeri 1 Paguyaman berjalan seimbang dengan perkembangan masyarakat sekitar, pendidikan multikultural berbasis budaya di jadikan sebuah konsep gerakan pendidikan buat siswa maupun guru di SMP tersebut, untuk memahami masyarakat dari sisi budaya, ekonomi, prilaku masyarakat, ataupun sejenisnya, pendidikan multikultural berbasis budaya menjadi kerangka berfikir buat melakukan proses refleksi dalam meninjau sebuah nilai-nilai perbedaan yang terjadi di masyarakat sekitar, adapun hubungan masyarakat dengan pendidikan multikultural berbasis budaya sangat erat sekali, karena pada intinya masyarakat di jadikan labotarium bagi siswa maupun guru di SMP Negeri 1 Paguyaman dalam meningkatkan pemahaman tentang masyarakat yang beragam. Hal ini senada dengan konsep pendidikan multikultural yang di SMP Negeri 1 Paguyaman, tidak terlepas dengan yang namanya pendidikan dan masyarakat sekitar yang multi cultur, serta memiliki hubungan timbal balik artinya, bila pada posisi pendidikan memiliki peran signifikan guna membangun masyarakat multikultural, di sisi lain masyarakat multikultural dengan segala karakternya memiliki potensi signifikan untuk mensukseskan fungsi dan peran pendidikan, itu berarti penguatan di satu sisi, langsung, akan memberi penguatan pada sisi lain
Download berkas