Penulis / NIM
HERLIS SETIAWAN KARIM / 131411080
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstrak
ABSTRAK
Herlis Setiawan Karim. 2015. Evaluasi Program Sekolah Berbudaya Lingkungan di SMAN 1 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Dr. Fadliah, M.Si, Pembimbing II Dr. Sitti Roskna Mas, MM,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi : (1) komponen konteks program sekolah berbudaya lingkungan di SMAN 1 Kota Gorontalo, (2) komponen input program sekolah berbudaya lingkungan di SMAN 1 Kota Gorontalo, (3) komponen proses program sekolah berbudaya lingkungan di SMAN 1 Kota Gorontalo, (4) komponen hasil program sekolah berbudaya lingkungan di SMAN 1 Kota Gorontalo. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dengan model evaluasi CIIP (Context, Input, Process, Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komponen konteks program sekolah berbudaya lingkungan di SMAN 1 Kota Gorontalo berada pada kualifikasi baik (2) komponen input program sekolah berbudaya lingkungan di SMAN 1 Kota Gorontalo berada pada kualif kualifikasi baik (3) komponen proses program sekolah berbudaya lingkungan di SMAN 1 Kota Gorontalo berada pada kualifikasi baik (4) komponen produk program sekolah berbudaya lingkungan di SMAN 1 Kota Gorontalo kualifikasi baik. Pelaksanaan program sekolah berbudaya lingkungan di SMAN 1 Kota Gorontalo berada pada kualifikasi baik, program berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan, sehingga perlu untuk ditingkatkan dan dipertahankan.
Untuk itu disarankan: (1) Bagi kepala sekolah: diharapkan agar lebih meningkatkan pelaksanaan program sekolah berbudaya lingkungan sehingga dapat meningkatkan kualitas SMAN 1 Kota Gorontalo. (2) Bagi guru: diharapkan agar kiranya dapat lebih meningkatkan kapsitas dan pengetahuannya tentang konsep sekolah berbudaya lingkungan singga dapat dengan mudah untuk menyampaikannya kepada para siswa (3) Bagi peneliti berikutnya: diharapkan untuk lebih memperdalam kembali penelitiannya khususnya pada aspek-aspek yang belum dikaji dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Evaluasi, CIIP, Sekolah Berbudaya Lingkungan
Download berkas