Penulis / NIM
NINING ABDUL / 131411081
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
PENGELOLAAN PROGRAMPENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN
DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERIGORONTALO
Nining Abdul, Ikhfan Haris,Arifin Suking Jurusan Administrasi Pendidikan, Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Email : niningabdul.94@gmail.com
ABSTRAK
Nining Abdul. 2015. Pengelolaan Program Pengembangan Kemahasiswaan
di Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Gorontalo. Skripsi Jurusan
Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dr. Phil. Hi. Ikhfan Haris, M.Sc, dan Pembimbing II Dr. Arifin
Suking, S.Pd.M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan program pengembangan
kemahasiswaan yang meliputi proses: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3)
Pelaksanaan, 4) Pengawasan, dan 5) Evaluasi terhadap program pengembangan
kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Desain penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan tehnik
pengumpulan data menggunakan angket dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan progam pengembangan
kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan berada pada kategori cukup baik, 2)
Pengorganisasian progam pengembangan kemahasiswaan di Fakultas Ilmu
Pendidikan berada pada kategori sangat baik, 3) Pelaksanaan progam
pengembangan kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan berada pada kategori
cukup baik, 4) Pengawasan progam pengembangan kemahasiswaan di Fakultas
Ilmu Pendidikan berada pada kategori cukup baik, dan 5) Evaluasi progam
pengembangan kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan berada pada kategori
sangat baik.
Saran-saran :Melihat dari simpulan di atas bahwa keseluruhan proses pengelolaan
program pengembangan kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan telah
diterapkan dan telah memenuhi kriteria. Namun, kriteria tersebut menunjukan
adanya beberapa indikator yang kurang baik dilakukan seperti; perencanaan
program bidang kesejahteraan, perencanaan program bimbingan konseling (BK),
dan perencanaan program kesehatan. Untuk itu maka dapat disaran; 1) Bagi
Fakultas untuk lebih memperhatikan penunjang kegiatan program bidang
kesejahteraan, 2) Bagi Fakultas agar lebih memaksimalkan program bimbingan
konseling (BK) dengan mendatangkan konselor, 3) Bagi Fakultas lebih
memperdulikan penyediaan sarana dan prasarana dalam upaya meningkatkan kesehatan secara holistik, efektif, dan efisien
Kata Kunci : Pengelolaan Program, Pengembangan Kemahasiswaan
Nining Abdul, 2015. Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr.Phil. Hi. Ikhfan Haris,M.Sc, Dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking, S.Pd.M.Pd.
Download berkas