Penulis / NIM
ASTEVIN IBURA / 131411084
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
Astevin Ibura 2015. Efektivitas Pengelolaan Program Akselerasi, Studi Kualitatif Di SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Phil. H. Ikfan Haris, M.Sc dan pembimbing II Dr. Arwidayanto, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Perencanaan Pembelajaran Program Akselerasi yang meliputi pengembangan kurikulum, sarana prasarana, guru dan siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran program akselerasi meliputi kegiatan pembelajaran, dan tanggung jawab Kepala Sekolah di SMA Negeri 3 Gorontalo (3) Mengetahui evaluasi pengelolaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Gorontalo.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Perencanaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Gorontalo dilakukan dengan melalui pengembangan kurikulum, dalam hal ini kurikulum yang digunakan yakni kurikulum yang sama pada kelas reguler hanya saja materinya dipadatkan. sarana dan prasarana, dalam hal ini fasilitas yang digunakan oleh kelas akselerasi sudah cukup memadai. guru akselerasi, dalam hal ini guru yang mengajar pada kelas akselerasi dilaksanakan melalui diklat, seminar dan workshop serta penelitian namun belum dilaksanakan secara khusus. perekrutan siswa akselerasi, dalam hal ini proses rekrutmen siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 3 Gorontalo dilaksanakan melaui psikotes dalam bentuk tes numerik, verbal dan penalaran, sedangkan tes potensi akademik mengacu materi pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika dan Biologi. (2) Pelaksanaan program akselerasi di SMA Negeri 3 Gorontalo meliputi 2 kegiatan yakni kegiatan pembelajaran di kelas akselerasi, dan Tanggung jawab kepala sekolah terhadap pelaksanaan pembelajaran program akselerasi sudah cukup bagus, hal ini dapat dilihat secara umum kinerja guru, ketersediaan sarana dan prasarana, motivasi terhadap siswa sudah cukup bagus. (3) Evaluasi program akselerasi di SMA Negeri 3 Gorontalo. Dalam kegiatan supervisi pengawas melakukan supervisi pada saat siswa akselerasi menghadapi ujian semester.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan kepada dinas pendidikan, perlu memberikan perhatian yang lebih terhadap pengelolaan kelas akselerasi melalui fasilitasi dalam peningkatan kompetensi guru. kepala sekolah, perlu adanya dukungan untuk memperbaiki dan menata kurikulum kelas akselerasi sehingga kualitas lulusan dari kelas akselerasi memiliki kapasitas yang baik dari segi kompetensi akademik maupun non akademik. guru, perlu komitmen guru dalam mengoptimalkan layanan terhadap siswa di kelas akselerasi sehingga tingkat siswa dapat mencapai kompetensi dasar sesuai dengan yang telah diprogramkan dalam program akselerasi. Bagi siswa, perlu adanya keterbukaan terhadap guru bimbingan dan konseling baik masalah dari faktor internal maupun eksternal
Kata Kunci : Efektif, Pengelolaan Program Akselerasi.
Download berkas