SKRIPSI

Penulis / NIM
RISWANTO ISMAIL / 131411089
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK Riswanto Ismail. 131411089. Strategi Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Man Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd, dan Pembimbing II Intan Abd. Razak, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Upaya kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di Man Insan Cendekia Gorontalo, (2) Pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di Man Insan Cendekia Gorontalo, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat baca siswa di Man Insan Cendekia Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data menggunakan; pengumpulan data, redukasi data, penyajian data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan waktu pengamatan, kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di Man Insan Cendekia Gorontalo yaitu : (1 Upaya kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di Man Insan Cendekia Gorontalo antara lain terus melakukan renovasi-renovasi terbaru terkait dengan kecanggihan yang ada dalam perpustakaan. (2) Pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di Man Insan Cendekia Gorontalo antara lain dengan melakukan 3 kegiatan besar yakni dari perencanaan, pengadaan, sampai dengan pelaksanaannya. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat baca siswa di Man Insan Cendekia Gorontalo antara lain kurangnya disiplin siswa dalam mengembalikan buku-buku perpustakaan, adanya sarana yang sudah tidak layak pakai dan perpustakaan letak bangunannya dekat dengan keberadaan siswa. Kata kunci : Strategi, Minat Baca ABSTRACT Riswanto Ismail. 131411089. Strategy of the Head of Library in Increasing Student Reading Interest in Man Insan Cendekia Gorontalo. Thesis, Department of Education Management, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Drs. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd, and Advisor II Intan Abd. Razak, S.Ag, M.Pd. This study aims to describe (1) The efforts of the head of the library in increasing students 'interest in reading at Man Insan Cendekia Gorontalo, (2) Management of libraries in increasing students' interest in reading at Man Insan Cendekia Gorontalo, (3) Supporting and inhibiting factors in increasing student reading interest at Man Insan Cendekia Gorontalo. This study uses a qualitative approach with a type of case study. Data collection techniques are taken through observation, interviews and documentation, using data analysis; data collection, data education, data presentation. Test the validity of the data using triangulation, extension of observation time, adequacy of reference material. The results of this study indicate that the strategy of the head of the library in increasing students' interest in reading at Man Insan Cendekia Gorontalo, namely: (1) The efforts of the head of the library in increasing student interest in Man Insan Cendekia Gorontalo include the latest renovations related to sophistication in the library. (2) Management of libraries in increasing students 'interest in reading in Man Insan Cendekia Gorontalo, among others, by conducting 3 major activities, namely from planning, procurement, to implementation. (3) Supporting and inhibiting factors in increasing students' interest in reading at Man Insan Cendekia Gorontalo among others, the lack of discipline of students in returning library books, the existence of facilities that are not feasible to use and the library where the building is close to the whereabouts of students. Keywords: Strategy, Reading Interest
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011