Penulis / NIM
DELVY DAI / 131412003
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstrak
ABSTRAK
Delvy Dai, 2016. Strategi Penguatan Budaya Baca Siswa di SDN 2 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Program studi S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Phill. H. Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing II Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk :a) untuk mengetahui strategi internal di dalam lingkungan sekolah dalam penguatan budaya baca siswa, b) dan strategi eksternal di luar lingkungan sekolah di SDN 2 Tabongo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kredibilitas triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa :1) strategi internal di dalam lingkungan sekolah yang meliputi strategi kepala sekolah, guru dan tenaga perpustakaan dalam penguatan budaya baca siswa sudah baik, hal ini dapat dilihat dari strategi kepala sekolah yang telah menerapkan program hening baca, pembuatan peta cerita, sudut baca, payung baca. Yang bertujuan agar minat baca siswa semakin tinggi dan akan tercipta budaya atau kebiasaan membaca di dalam diri anak-anak (siswa). 2) strategi eksternal di luar lingkungan sekolah, yaitu dalam meningkatkan budaya baca anak di rumah dengan memberi motivasi, dorongan dan bimbingan tersendiri dirumah dan membelikan huruf balok pada anaknya.
Untuk itu disarankan bagi: 1) Bagi kepala sekolah sebaiknya untuk berupaya mengimprovisasi program ini agar tidak monoton sehingga tidak akan menimbulkan kebosanan bagi siswa. Berbagai hal yang dapat dilakukan yakni dengan kegiatan kegiatan diskusi oleh guru-guru antar sekolah sehingga akan muncul cerita yang variatif, 2) Bagi guru sebaiknya dalam penyususnan cerita menyesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dalam hal ini untuk kelas 1 berbeda dengan kelas 2 dan kelas 3, 3) Bagi tenaga perpustakaan, sebaiknya menata ruangan perpustakaan dengan lay out yang lebih menarik minat siswa, 4) Bagi orang tua, sebaiknya terus memberikan pengawasan motivasi dalam belajar dan membaca.
Kata Kunci: Budaya/minat baca, hening baca.
Download berkas