Penulis / NIM
ABDUL RAHMAN PAKAYA / 131412008
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Rahman Pakaya. 2016. Hubungan Budaya Sekolah Dengan Efektivitas Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri Se Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si, Pembimbing 2 : Dr. Novianty Djafri, S.Pd.I,M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui Efektivitas Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri Se Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, (2) Untuk mengetahui Budaya Sekolah di SMP Negeri Se Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, (3) Untuk mengetahui Hubungan antara Budaya Sekolah dengan Efektivitas Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri Se Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembinaan karakter siswa terletak pada kriteria baik 73,12% dan budaya sekolah terletak pada kriteria baik 73,45%. Hubungan antara budaya sekolah dengan efektivitas pembinaan karakter siswa di SMP Negeri Se Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo sebesar 29,16%.
Saran : Pihak sekolah perlu mempertahankan budaya yang sudah baik disekolah tersebut agar menjadi contoh buat sekolah-sekolah yang ada di luar batudaa pantai. Pihak sekolah perlu mengupayakan agar terus meningkatkan budaya sekolah yang positif menuju budaya sekolah yang diharapkan. Dengan cara meningkatkan aspek-aspek budaya sekolah lainya seperti: budaya memberi penghargaan dan budaya lain yang positif. Pihak sekolah perlu mengupayakan agar terus mengembangkan karakter siswa yang positif untuk menuju karakter sebagaimana diharapkan. Dengan cara memperhatikan dan terus meningkatkan aspek-aspek karakter siswa yang dinilai kurang seperti: karakter bermandiri, karakter berdemokratif, karakter yang menghargai prestasi lainnya. Guru disarankan lebih menerapkan dan membiasakan budaya membaca kepada para siswa. budaya membaca yang baik akan menciptakan sekolah dengan kultur yang baik pula oleh sebab itu penting peran guru dan seluruh warga sekolah untuk membangun budaya membaca. Membiasakan budaya membaca dengan cara memberikan motivasi dan arahan dimana membaca itu sangat penting dalam menambah ilmu pengetahuan. Dengan adanya penelitian ini agar supaya peneliti lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam dunia pendidikan terutama mengenai hubungan budaya sekolah dengan efektivitas pembinaan karakter siswa.
Kata Kunci : Budaya Sekolah, Efektivitas Pembinaan Karakter Siswa
Download berkas