Penulis / NIM
RANDY ISWANDY KAMBA / 131412010
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
Randy Iswandy Kamba, 2017 "Hubungan Kepemimpinan Pembelajaran Guru Di Kelas Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo". Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepemimpinan pembelajaran guru di kelas dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif jenis penelitian korelasional. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji validitas, reliabilitas instrumen dan uji normalitas data, korelasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan pembelajaran guru di kelas dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Saran: (1) bagi kepala sekolah sebaiknya lebih meningkatkan kepemimpinan pembelajaran guru di kelas melalui supervisi atau diklat agar kepemimpinan pembelajaran guru dapat terus meningkat sehingga berdampak pada tingginya motivasi berprestasi siswa. (2) sebaiknya guru perlu meningkatkan kepemimpinannya dalam pembelajaran untuk mempengaruhi, membimbing, mengarahkan, mendorong serta memotivasi siswa agar siswa motivasi berprestasinya lebih meningkat. (3) Bagi siswa sebaiknya terus berkeinginan untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui tindakan positif di dalam kelas sehingga prestasi belajar akan lebih meningkat.
Kata Kunci: Kepemimpinan Pembelajaran, Motivasi Berprestasi
Download berkas