Penulis / NIM
NURFA KURNIA AGUNG / 131412012
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
NURFA KURNIA AGUNG, 2016. "Pengembangan Mutu Guru di SDN 2 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo". Program studi S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj Fory Armin Nawai, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Novianti Djafri, S.Pd. I, M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam pengembangan mutu guru di SDN 2 Tabongo, (2) komitmen guru dalam pelaksanaann pengembangan mutu guru di SDN 2 Tabongo, dan (3) Dampak pengembangan mutu guru di SDN 2 Tabongo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa :1) strategi kepala sekolah dalam pengembangan mutu guru dilakukan dengan berbagai cara yakni melalui kegiatan kelompok kerja guru sekolah (KKGS), KKG, supervisi kelas, seminar, rapat dan pertemuan penting lainnya serta banyak melihat perkembangan perubahan ilmu pengetahuan dan perkembangan hasil-hasil penelitian yang terbaru. 2) komitmen guru dalam pelaksanaan pengembangan mutu guru yaitu dengan adanya keterlibatan guru serta loyalitas kepada pimpinan dan dengan adanya pemberian motivasi maka komitmen guru sangatlah kuat. 3) dampak pengembangan mutu guru yaitu proses pembelajaran menjadi baik, adanya raihan prestasi oleh sekolah, serta pemahaman siswa lebih meningkat dalam proses pembelajaraan.
Untuk itu disarankan : 1) Pengembangan mutu guru sebaiknya lebih diimprovisasi oleh kepala sekolah pada tingkat sekolah. Identifiaksi dan Penanganan oleh kepala sekolah sedini mungkin mengenai kendala guru dalam mengembangkan siswa akan membuat guru tersebut lebih termotivasi untuk mengembangkan mutunya sebagai tenaga pendidik. 2) Perlunya pengawasan yang lebih ketat dari kepala sekolah dalam mengembangkan komitmen guru. Sebab pada dasarnya komitmen guru merupakan hal penting dalam meningkatkan keberhasilan pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah. 3) Dampak positif yang ditimbulkan dari adanya pengembangan mutu guru sangatlah besar. Sehingga kedapannya harus terpelihara koordinasi antara guru dan warga sekolah lainnya sehingga mutu guru serta mutu pendidikan di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo secara umum akan lebih berkembang.
Kata Kunci: Pengembangan, Mutu Guru
Download berkas