Penulis / NIM
PANDRI DULUNG / 131412017
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Fendri Dulung Nim (131 412 017). 2019. SKRIPSI. Strategi Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Guru Pembelajar di SMP Negeri 3 Bolangitang Barat. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Provinsi Sulawesi Utara. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arwildayanto, S.Pd., M.Pd II Dr. Novianty Djafri, S.Pd.I, M.Pd.I
Tujuan penelitan ini adalah mengatahui (1) Sosialisasi program guru pembelajar di SMP Negeri 3 Bolangitang Barat; (2) Integrasi program guru pembelajar di SMP Negeri 3 Bolangitang Barat; (3) Bagaimana memotivasi guru dalam mengikuti program guru pembelajar di SMP Negeri 3 Bolangitang Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses sosialisasi program guru pembelajar sudah berjalan dengan baik kepala sekolah berupaya menjelaskan tentang tahapan-tahapan tentang guru pembelajar dan para guru di berikan modul guru pembelajar; (2) Integrasi program guru pembelajar yang dilakukan kepala sekolah dalam mewujudkan guru pembelajar diintegrasikan melalui, pelatihan kompetensi guru melalui diklat, KKG, dan melalui sertifikasi guru, melalui hal tersebut guru dapat mengembangkan kemampuan dan meningkatkan kompetensinya sebagai guru pembelajar; (3) Motivasi yang dilakukan kepala sekolah telah berjalan dengan baik dengan motivasi dapat menumbukan minat guru dalam mengembangkan potensi diri melalui program guru pembelajar, dengan adanya dorongan dan motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah maka mereka lebih antusias dalam mengikuti program tersebut. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Kepala Sekolah, hendaknya melihat faktor latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar dan keadaan kesejahteraan guru dalam meningkatkan profesionalismenya. (2) Bagi Guru, hendaknya lebih meningkatkan kompetensi profesionalnya secara berkesinambungan dengan lebih aktif mengikuti pendidikan, pelatihan baik yang dilaksanakan oleh sekolah maupun Dinas Pendidikan. (3) Bagi Peneliti lainnya, dalam penelitian dapat menambah literatur atau variabel lain maupun pendekatan metode yang berbeda dalam penelitian yang berkaitan dengan program guru pembelajar.
Kata kunci : strategi, kepala sekolah, guru pembelajar
Download berkas