Penulis / NIM
SUSANTI R. HASAN / 131412026
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Susanti R. Hasan. 2016. Hubungan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dengan Keefektifan Pembelajaran Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd., M.Si dan Ibu Intan Abdul Razak, S.Ag., M.Pd
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keadaan ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran di MAN Insan Cendekia Gorontalo. (2) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran siswa di MAN Insan Cendekia Gorontalo. (3) Serta untuk mengetahui hubungan ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran dengan keefektifan pembelajaran siswa di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kuantitatif hal tersebut karena data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket kepada siswa di MAN Insan Cendekia Gorontalo, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Berada pada kriteria yang baik dan Keefektifan Pembelajaran Siswa Berada pada kriteria yang baik. Terdapat Hubungan yang positif Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dengan Keefektifan Pembelajaran Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan cendekia Gorontalo.
Saran saran : 1) Bagi pihak sekolah lebih memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana dalam kegiatan pembelajaran, 2) Bagi guru lebih aktif lagi dalam terciptanya pembelajaran yang efektif, 3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti faktor lain terkait dengan keefektifan pembelajaran siswa.
Kata Kunci: Sarana dan Prasarana, Keefektifan Pembelajaran
Download berkas