Penulis / NIM
TANTRI KANGO / 131412034
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK
Tantri Kango, 2018 "Strategi Sekolah Dalam Penguatan Mutu Akademik Di SMP Negeri 1 Gorontalo ". Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Phil .H. Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing II Dr. Hj Fory A. Naway, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: strategi sekolah dalam penguatan mutu akademik berdasarkan 8 standar nasional pendidikan di SMP Negeri 1 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukan, bahwa Strategi Sekolah Dalam Penguatan Mutu Akademik di SMP Negeri I Gorontalo adalah : a) Strategi penguatan mutu akademik melalui standar isi yakni merancang perangkat pembelajaran silabus, rencana pelaksanaa pembelajaran (RPP) dan pengembangan bahan ajar. b) Strategi penguatan mutu akademik melalui standar isi dilihat dari proses pembelajaran diselenggarakan sudah secara inspiratif, menyenangkan dan perencanaan pembelajaran meliputi silabus, RPP dan materi ajar, metode serta sumber belajar serta dapat membangun kreaktivitas. c) Strategi penguatan mutu akademik melalui standar kualitas lulusan dilihat dari berpedoman penilaian dalam penentuan kelulusan siswa yakni. d) Strategi penguatan mutu akademik melalui standar tenaga pendidik dilihat dari kriteria pendidikan semua guru sudah berkualifikasi S1 dan S2 dan mempunyai sertifikat pendidik sesuai dengan latar belakang pendidikan. e) Strategi penguatan mutu akademik melalui standar sarana dan prasana dilihat pengadaan sampai pada pemeliharaan sudah dapat memenuhi kriteria minimal sesuai dengan standar SPM. f) Strategi penguatan mutu akademik melalui standar pengelolaan dilihat dari penyusunan program, melaksanakan kegiatan kesiswaan. g) Penguatan mutu akademik melalui standar pembiayaan dilihat dari: perencanaan penyusunan anggaran, mekanisme penggunaan anggaran, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan. h) Strategi penguatan mutu akademik melalui standar penilaian dilihat penilaian hasil kelulusan siswa, berdaskan pada mekanisme dan prosedur penilaian KKM.
Adapun saran dalam penelitian ini yaitu: a) Untuk sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan pemahaman pada SNP sebagai pedoman didalam pelaksanaan mutu akademik dengan harapan pendidikan dapat dijadikan sebagai ajang perbaikan kualitas sumber daya manusia. b) Untuk kepala sekolah diharapkan lebih meningkatkan pemahaman dalam penyusunan renca kerja tahunan yang merupakan penjabaran dari visi. misi dan tujuan sehingga pengelolan sekolah dapat dilaksanakan secara mandiri, efisiensi, efektif dan akuntabel. c) Untuk guru dilebih meningkatkan kompetensinya dalam perubahan kurikulum dan implementasinya dalam pembelajaran sehingga dapat mencapai prestasi dan kualitas pembelajaran serta siswa dapat mencapai hasil yang optimal yang diharapkan oleh tujuan pendidikan nasional.
Kata Kunci : strategi sekolah, mutu akademik
Download berkas