Penulis / NIM
INDRIA TOE / 131412037
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Indria Toe, 2019. Kinerja Sekolah dalam Pembelajaran di SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan II: Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Dr. Besse Marhawati, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Kinerja sekolah dalam penyiapan pembelajaran di SMK Negeri 1 Gorontalo. (2) Kinerja sekolah dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Gorontalo. (3) Kinerja sekolah dalam penilaian pelaksanaan pembelajaran di SMK Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Subjek penelitian yaitu guru dan tendik di SMK Negeri 1 Gorontalo yang berjumlah 173 orang Hasil penelitian tentang kinerja sekolah dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Gorontalo disimpulkan sebagai berikut: (1) Kinerja sekolah dalam penyiapan pembelajaran di SMK Negeri 1 Gorontalo berada pada kategori sangat baik. (2) Kinerja sekolah dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Gorontalo berada pada kategori sangat baik. (3) Kinerja sekolah dalam penilaian pembelajaran di SMK Negeri 1 Gorontalo berada pada kategori sangat baik. Saran terkait dengan hasil penelitian ini: (1) Bagi Dinas Pendidikan atau pemerintah setempat diharapkan agar senantiasa memperhatikan kebutuhan sekolah bagi masyarakat dengan meningkatkan daya tampung sekolah sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan guru dapat terlaksana dengan sukses. (2) Bagi kepala sekolah dan guru yang bertugas di SMK Negeri 1 Gorontalo untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan pembelajaran melalui kegiatan manajemen sekolah yang baik.
Kata Kunci : kinerja sekolah, pembelajaran.
Download berkas