Penulis / NIM
DJARIYANA DAI / 131412040
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Djariana Dai. 2016. Implementasi Prinsip-Prinsip Manajemen Mutu Terpadu di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing Dr. Hj. Fory A. Naway, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Novianty Djafri, S.Pd.I, M.Pd.I.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) strategi implementasi prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo, (2) prosedur implementasi prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo, (3) faktor yang menghambat dalam menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo, (4) upaya kepala sekolah dalam menangani hambatan dalam penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi implementasi prinsip manajemen mutu terpadu di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo berada pada kategori baik dengan rata-rata skor jawaban 89.59%, (2) prosedur implementasi prinsip manajemen mutu terpadu di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo berada pada kategori baik dengan rata-rata skor jawaban 86.66%, (3) Faktor yang menghambat dalam mengimplementasikan prinsip manajemen mutu terpadu di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo berada pada kategori baik dengan rata-rata skor jawaban 80.87%, (4) upaya yang dilakukan SMK Negeri 2 Kota Gorontalo dalam menangani hambatan berada pada kategori baik dengan rata-rata skor jawaban 88.54%.
Untuk itu disarankan: (1) bagi Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten, diharapkan untuk lebih memperhatikan penerapan dan manfaat implementasi prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu di seluruh lembaga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah, 2) bagi kepala sekolah, diharapkan untuk lebih meningkatkan dan mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu disekolah. Gorontalo, (3) bagi guru, diharapkan agar kiranya dapat lebih meningkatkan keberanian dan kepedulian dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu si sekolah, (4) bagi peneliti berikutnya, diharapkan untuk lebih memperdalam kembali penelitiannya khususnya pada aspek-aspek yang belum dikaji oleh penelitian ini, utamanya tentang implementasi prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu.
Kata Kunci: Implementasi, Prinsip-Prinsip Manajemen Mutu Terpadu
Download berkas