Penulis / NIM
YULCI USMAN / 131412042
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
YulciUsman, 2017. Peran Kepala Sekolah Dalam Penguatan Iklim Sekolah Di SMPN 10 Dungingi Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asrin, M.Pd dan Pembimbing II Warni Tune Sumar, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran: 1) Peran kepala sekolah sebagai pemimpin; 2) Peran kepala sekolah sebagai manager; 3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor; 4) Peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim kerja. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dan bersifat pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data mentah, menyusun dan menata kasus yang diperoleh melalui pemadatan dan peringkasan data yang berupa data mentah, mengklasifikasi, mengedit dalam satu file yang manageable dan accessible kemudian menulisnya dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa: 1) Peran kepala sekolah sebagai pemimpin menunjukkan bahwa kepala sekolah senantiasa menyempatkan diri untuk mengadakan musyawarah dalam memberikan pengarahan terhadap guru dan pegawai; 2) Peran kepala sekolah sebagai manager menunjukkan bahwa untuk memfasilitasi pengembangan profesionalisasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, kepala sekolah memberikan kesempatan terhadapt enaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi; 3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor menunjukkan bahwa kepala sekolah melibatkan guru dalam penyusunan dan pembahasan suvervisiakademik dalam menyusun program suvervisi terlebih dahulu dan kepala sekolah menciptakan suasana yang akrab dengan guru, membahas rencana pelajaran yang menjadi fokus perhatian suvervisi yaitu identifikasi masalah, menganalisis masalah, merumuskan cara-cara pemecahan masalah,implementasi pemecahan masalah, dan evaluasi dan tindak lanjut; 4) Peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim kerja kerja menunjukkan bahwa kepala sekolah menciptakan lingkungan fisik yang aman bagi warga sekolahyaitu lingkungan yang nyaman, disiplin dan warga bebas dari rasa takut, serta kondusif untuk melaksanakan proses pembelajaran.
Kata kunci: Iklim sekolah,Peran Kepala Sekolah
Download berkas