Penulis / NIM
KARLINA WANEY / 131412046
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Karlina Waney. 2016 Manajemen Pencitraan Sekolah di SMK Gotong Royong Telaga. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Bapak Prof. Dr. H.Ansar, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Ibu Warni Tune Sumar, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan;(1) mengetahui langkah-langkah persiapan pencitraan sekolah (2) mengetahui bentuk-bentuk pencitraan sekolah (3) mengetahui dampak terhadap pencitraan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian adalah kepala sekolah, Wakil ketua kurikulum/WMM, Guru, dan wakil ketua humas sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Langkah-langkah persiapan pencitraan sekolah telah dilakukan dengan berbagai persiapan yaitu dengan menciptakan lingkungan yang kondusif, melakukan sosialisasi sekolah yaitu dengan mendatangi sekolah SMP-SMP, meningkatkan standar pelayanan minimal (SPM), meningkatkan kinerja profesionalitas guru , dan mempersiapkan siswa siswi yang berkualitas. (2) Bentuk-bentuk pencitraan sekolah dilakukan dengan berbagai cara yakni melakukan sosialisasi perekrutan siswa SMP sampai dengan melakukan sosialisasi peningkatan mutu. (3) Dampak pencitraan sekolah menunjukkan dampak efek positif mulai dari dampak pencitraan pada guru, siswa, masyarakat dan juga publik, hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan profesionalitas kinerja guru, peningkatan jumlah peserta didik, kemudian dukungan partisipasi masyarakat terhadap sekolah, serta kepercayaan publik untuk saling bertukar informasi.
Saran-saran: (1) kepala sekolah, agar lebih meningkatkan dan mempertahankan citra sekolah tentunya dengan meningkatkan kinerja profesionalitas, memberikan dukungan dan motivasi kepada warga sekolah dalam hal meningkatkan kualitas sekolah. (2) Guru/pegawai, dapat meningkatkan citra sekolah serta dapat melaksanakan aturan yang ada dan mengerjakan tugas sebagai pendidik dengan penuh tanggung jawab dalam mendukung pencapaian visi misi sekolah. (3) Siswa, untuk dapat melaksanakan tata tertib sekolah demi mencapai prestasi belajar dengan baik. (4) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut dan lebih mendalam lagi terkait manajemen pencitraan sekolah sebab dalam penelitian ini masih banyak keterbatasan.
Kata Kunci : Manajemen, Pencitraan, Sekolah.
Download berkas