SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVITA IBRAHIM / 131412056
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstrak
ABSTRAK Novita Ibrahim, 2016. Kompetensi Guru dalam Penerapan Prinsip-prinsip Life Skill di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Dr. Siti Roskina Mas MM, M.Pd, Pembimbing II Drs. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kompetensi guru dalam pengintegrasi etika, sosio, dan religius dalam menunjang kecakapan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo, 2) mendeskripsikan kompetensi guru dalam pembelajaran learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together dalam menunjang kecakapan akademik di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo, dan 3) mendeskripsikan Otonomi guru dalam pelaksanaan life skill di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aspek kompetensi guru dalam pengintegrasi etika, sosio dan religius dalam kecakapan akademik memiliki presentase 93,98% yang berada pada kategori sangat baik, 2) aspek kompetensi guru dalam pembelajaran learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together dalam kecakapan akademik memiliki presentae 85,01% yang berada pada kategori baik, 3) aspek otonomi guru dalam pelaksanaan life skiil memiliki presentase 77,85% yang berada pada kategori baik. Penerapan prinsip-prinsip life skill di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo berada pada kategori baik, sehingga perlu untuk ditingkatkan lagi. Untuk itu disarankan: 1) bagi sekolah: diharapkan agar lebih meningkatkan pelaksanaan prinsip-prinsip life skill sehingga dapat meningkatkan pengembangan life skill di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo, 2) bagi guru: diharapkan agar kiranya dapat lebih meningkatkan pengetahuan, pengembangan dan penerapan life skill baik di dalam pembelajaran maupun di kegiatan life skill, sehingga prinsip-prinsip life skill dapat berjalan lebih efektif, 3) bagi siswa: diharapkan agar siswa dapat lebih mengembangkan minat dan bakat melalui pembelajaran life skill, dan 4) bagi peneliti selanjutnya: diharapkan untuk lebih memperdalam kembali penelitiannya khususnya pada aspek-aspek yang belum dikaji oleh penelitian ini, utamanya tentang penerapan prinsip-prinsip life skill. Kata Kunci: Kompetensi, Prinsip-prinsip, life skill
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011