Penulis / NIM
MEYLANDA ABAS / 131412058
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
Meylanda Abas. 2017. Pengaruh Kemampuan Manajerial Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran di SDN Se-Kecamatan Dulupi. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si dan bapak Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan; untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran di SDN Se-Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo, (2) kemampuan manajerial guru di SDN Se-kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo, (3) pengaruh kemampuan manajerial guru terhadap efektivitas pembelajaran di SDN Se-kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) efektivitas pembelajaran berada pada kriteria yang sangat baik, (2) kemampuan manajerial guru berada pada kriteria yang sangat baik, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan manajerial guru pada SDN Se-Kecatamatan Dulupi Kabupaten Boalemo terhadap efektivitas pembelajaran guru. Dampak dari kemampuan manajerial guru yakni positif, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan manajerial guru akan memberikan dampak yang baik bagi peningkatan efektivitas pembelajaran di SDN Se-Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo.
Saran-saran : 1) Sebaiknya guru terus mengembangkan kompetensinya dalam hal menejrial melalui kegiatan-kegiatan seminar ataupun kegiatan yang rutin dilakukan pada tingkat kecamatan yakni KKG, 2) Sebaiknya guru terus mengintensifkan perhatian kepada peserta didik, dimana pada usia sisswa di sekolah dasar masih perlu perhatian dan bimbingan intensif agar dapat belajar lebih baik, 3) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang secara teori diduga akan mempengaruhi variabel efektivitas pembelajaran. Atau dengan memperbaharui alat ukur angket dengan skala ukur guttman agar hasilnya lebih obyektif karena jawaban responden bukan berdasarkan pilihan (perasaan) namuin pada pengetahun guru.
Kata Kunci: Kemampuan Manajerial Guru, Efektivitas Pembelajaran
Download berkas