Penulis / NIM
AYU PURWASI / 131412059
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
Ayu Furwasi, 2016. Strategi Koordinasi Kepala Sekolah Di TK Damhil Dharma Wanita Persatuan Univesitas Negeri Gorontalo Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S-I Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arwidayanto, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) koordinasi kerja kepala sekolah TK Damhil DWP Universitas Negeri Gorontalo, (2) faktor kesuksesan koordinasi kepala sekolah TK Damhil DWP Universitas Negeri Gorontalo (3) keefektifan koordinasi kerja kepala sekolah TK Damhil DWP Universitas Negeri Gorontalo, (4) langkah- langkah strategis yang diperlukan dalam peningkatan dan atau mempertahankan keefektifan koordinasi kerja kepala sekolah TK Damhil DWP Universitas Negeri Goronalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, dan di analisis dengan analisis persentase yang disajikan melalui tabel persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi Koordinasi Kepala Sekolah di TK Damhil Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Gorontalo Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo keseluruhannya rata- rata 78,8 % yaitu berada pada kategori baik. Penulis menyimpulkan beberapa hal yakni: 1). Koordinasi kerja kepala sekolah rata-rata 79,0 %, 2). Faktor kesuksesan koordinasi kepala sekolah rata- rata 77,6 %, 3). Keefektifan koordinasi kerja kepala sekolah 79,7 %, 4). Langkah- langkah yang dilakukan dalam meningkatkan dan mempertahankan kefektifan koordinasi rata- rata 79,4 %.
Disarankan: 1). Bagi Dinas Kabupaten kota diharapkan untuk lebih memberi keleluasaan yang maksimal kepada kepala sekolah sehingga sekolah benar- benar nyata sesuai tuntutan desentralisasi, 2). Bagi kepala sekolah diharapkan agar lebih mengembangkan dan mengevaluasi dalam hal kerja sama dan koordinasi, 3). Bagi guru diharapkan agar kiranya lebih meningkatkan sikap mandiri dalam megimplementasikan pada peserta didik sehingga lebih efektif dalam hal pembelajaran, 4). Bagi peneliti berikutnya agar dapat memperluas wawasan penelitiannya khususnya pada aspek- aspek yang belum di kaji oleh penelitian ini.
Kata kunci : Strategi, Koordinasi, Kepala Sekolah
Download berkas