SKRIPSI

Penulis / NIM
MAMAD ADAM / 131412060
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK Mamad Adam Nim (131 412 060). 2019. SKRIPSI "Strategi Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kabupaten Gorontalo. Provinsi Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd Tujuan penelitan ini adalah mengatahui (1) Strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran. (2) Strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui kedisiplinan. 2) Strategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Srategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran di SDN 20 Limboto dilakukan dengan menganalisis standar kompetensi/kompetensi dasar, lalu membuat RPP/silabus berkarakter, setelah itu kemudian dilakukan pembiasaan nilai-nilai karakter dan memberikan contoh teladan bagi siswa (2) Srategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui melalui kedisiplinan di SDN 20 Limboto dilaksanakan dengan cara membiasakan siswa menaati tata tertib sekolah, menaati kode etik sekolah, dan menjaga kebersihan lingkungan serta melalui kegiatan pramuka. (3) Srategi kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui melalui keagamaan di SDN 20 Limboto dilakukan melalui penanaman ketaatan pada Allah dan Rasul, pembiasaan kegiatan ibadah seperti sholat 5 waktu, baca tulis Al-Qurâan dan melalui kegiatan PHBI. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Kepala Sekolah, lebih mengembangan proses penguatan pendidikan karakter disekolah dengan lebih meningkatkan sinergi antara kepala sekolah dengan seluruh perangkat sekolah untuk lebih meningkatkan penanaman penguatan karakter anak didik. (2) Bagi Guru, diharapkan lebih aktif dalam proses penguatan karakter serta mendukung seluruh kebijakan dari kepala sekolah yang berkaitan dengan penguatan karakter anak didik. (3) Bagi Peneliti, untuk mengembangkan metode maupun literatur atau variabel lain dalam penelitian yang berkaitan dengan penguatan pendidikan karakter anak didik sehingga diperoleh penelitian yang lebih baik. Kata kunci : Strategi, kepala sekolah, penguatan karakter
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011