Penulis / NIM
SRI YULANDRI M. DAUD / 131412062
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Abstrak
Sri Yulandri M. Daud. 2016. "Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di SMP Negeri 3 Gorontalo". Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Novianty Djafri, M.Pd.I dan Pembimbing II Dr. Asrin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai karakter budaya sekolah (2) strategi guru menerapkan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah (3) simbol-simbol yang dikembangkan dalam pengembangan pendidikan karakter budaya sekolah di SMP Negeri 3 Gorontalo. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) nilai-nilai karakter budaya sekolah yang dikembangkan yaitu nilai keagamaan, nilai disiplin, nilai peduli lingkungan dan nilai gemar membaca. (2) strategi guru menerapkan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah melalui visi dan misi sekolah, peran kepala sekolah dan membangun hubungan sosial dan emosional. (3) simbol-simbol yang dikembangkan dalam pengembangan pendidikan karakter budaya sekolah melalui slogan-slogan, poster, dan pamplet. Untuk itu disarankan: (1) kepala sekolah, dapat mempertahankan pendidikan karakter budaya sekolah yang telah berkembang saat ini dan lebih meningkatkan kemampuan untuk memberikan manfaat kepada warga sekolah agar menunjang keberhasilan pendidikan dalam tujuan pendidikan. (2) orang tua, wajib memberikan dukungan penuh dan tanggung jawab terhadap pendidikan anaknya dan meningkatkan pengawasan, kewaspadaan terhadap perkembangan akhlak dan perilaku anaknya. (3) siswa, agar mematuhi semua peraturan yang sudah ditetapkan disekolah.
Kata Kunci : pendidikan karakter, budaya sekolah
Download berkas