SKRIPSI

Penulis / NIM
RISNAWATI R. IBRAHIM / 131412068
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK Risnawati .R. Ibrahim 2017 Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sekolah Efektif di SDN Se Kecamatan Bulango Timur. Skripsi program studi S1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Ibu Dr. Novianty Djafri, M.Pd.I dan Bapak Dr. Arifin Suking, M.Pd. Sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan: Mendeskripsikan (1) strategi kepala sekolah dalam menjalankan visi, misi dan tujuan bersama, (2) Menciptakan kepemimpinan yang professional, (3) Menciptakan lingkungan belajar sekolah yang kondusif, (4) Membangun kemitraan keluarga sekolah di SDN Se Kecamatan Bulango Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Strategi kepala sekolah dalam menjalankan visi dan tujuan bersama dengan jumlah persentase 79,53% berada pada kategori baik, (2) Strategi kepala sekolah dalam menciptakan kepemimpinan yang professional dengan jumlah persentase 82,63% berada pada kategori baik, (3) Strategi kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dengan jumlah persentase 82,21% berada pada kategori baik, dan (4) Strategi kepala sekolah membangun kemitraan keluarga sekolah dengan jumlah persentase 80,32% berada pada kategori baik. Sarankan kepada: 1. Kepala sekolah terus berupaya untuk mengembangkan sekolah dengan cara terus berupaya untuk menerapkan berbagai tindakan yang sesuai dengan visi dan misi serta tujuan sekolah. 2. Kepala sekolah menjalankan kepemimpinann dengan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan kondisi sekolah. Fleksibel dalam kepemimpinan akan membuat para warga sekolah tidak kaku dalam melakukan berbagai tugas dan tanggung jawabnya. 3. Kepala sekolah terus berupaya untuk menciptakan kondisi kerja baik secara fisik maupun non fisik agar para guru dan siswa menjadi termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. 4. Sekolah berupaya untuk melakukan mitra dengan pihak-pihak ekstrenal sebagai bentuk pengawasan. Kata Kunci: Strategi, Sekolah Efektif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011