Penulis / NIM
GUSTIN B. HARMAIN / 131412069
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Gustin Harmain. 2017. Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Keefektifan Pembelajaran di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM. M.Pd, Pembimbing 2 : Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan pembelajaran di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo, (2) pengelolaan kelas di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo, (3) hubungan antara Pengelolaan Kelas dengan keefektifan pembelajaran di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan pembelajaran terletak pada kriteria cukup baik 63,92% dan pengelolaan kelas terletak pada kriteria baik 69,43%. hubungan antara kemampuan pengelolaan kelas dengan keefektifan pembelajaran di SMK Negeri 1 KotaGorontalo sebesar 38,44%. Saran : siswa sebagai peserta didik hendaknya lebih meningkatkan lagi kemampuannya dalam keefektifan pembelajaran di dalam kelas agar berjalan dengan sesuai apa yang di harapkan oleh guru maupun sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memotivasi guru-guru untuk lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar, sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi peserta didik. Bagi peneliti, dengan adanya penelitian ini agar supaya peneliti lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam dunia pendidikan terutama mengenai hubungan pengelolaan kelas dengan keefektifan pembelajaran.
Kata Kunci : pengelolaan kelas, keefektifan pembelajaran
Download berkas