SKRIPSI

Penulis / NIM
RISMAWATY TAJUDDIN / 131412083
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
Rismawaty Tajuddin, 2016. Pembinaan Karakter Berbasis Multiple Intelegensi di SMKN 1 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan II: Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd dan Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Pembinaan Karakter Berbasis Multiple Intelegensi di SMKN 1 Gorontalo, yang terbagi menjadi tiga fokus yaitu: (1) strategi sekolah dalam membina kecerdasan intelektual di SMKN 1 Gorontalo, (2) strategi sekolah dalam membina kecerdasan emosional di SMKN 1 Gorontalo, dan (3) strategi sekolah dalam membina kecerdasan spritual di SMKN 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi sekolah dalam membina kecerdasan intelektual siswa melalui kegiatan (a) lomba cerdas cermat pengetahuan umum dapat menjadikan siswa cerdas, dengan nilai karakter yang muncul yaitu kecakapan dan prestasi, (b) lomba pencarian kreativitas siswa menjadikan siswa lebih kreatif, dengan nilai karakter yang muncul yaitu nilai kreativitas, nilai percaya diri, dan nilai keterampilan, dan (c) lomba pencarian nou dan uti sekolah menjadikan siswa lebih percaya diri, dengan nilai karakter yang muncul yaitu nilai kecakapan, nilai percaya diri, nilai sosial, dan nilai estetika (seni). (2) strategi sekolah dalam membina kecerdasan emosional melalui (a) pelatihan bela diri secara rutin kepada siswa menjadikan siswa tenang dalam menghadapi setiap permasalahan, dengan nilai karakter yang muncul yaitu nilai prestasi, dan nilai sportifitas, (b) mengikuti lomba serta tournament lokal dan interlokal menjadikan siswa dapat mengontrol emosi di berbagai situasi, dengan nilai karakter yang muncul yaitu nilai prestasi, nilai sosial, dan nilai sportifitas, dan (c) program perkemahan jum'at, sabtu, dan minggu (perjusami) menjadikan terciptanya kerjasama dan perilaku saling menolong antar siswa, dengan nilai karakter yang muncul yaitu nilai sosial. (3) strategi sekolah di dalam membina kecerdasan spiritual siswa melalui program (a) shalat dzuhur berjamaah sebelum pulang sekolah menjadikan siswa lebih disiplin, dengan nilai karakter yang muncul yaittu nilai disiplin, nilai religius, dan nilai sosial, (b) mengedakan kegiatan kerohanian Islam (rohis) menjadikan siswa berperilaku dan memiliki akhlak yang terpuji, dengan nilai karakter yang muncul yaitu nilai kecakapan, nilai sosial, dan nilai religius, (c) mengadakan dzikir serta syukuran di setiap jelang ujian, dan memperingati hari-hari besar keagamaan menjadikan siswa berkepribadian religius, dengan nilai karakter yang muncul yaitu nilai sosial, dan nilai religius. Kata Kunci : pembinaan karakter, berbasis multiple intelegensi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011