Penulis / NIM
SAFRIN N. GANI / 131412086
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Safrin Gani. 2019. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Di SMK Negeri 1 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I. Dr Arifin Suking MPd. Pembimbing II. Dr Warni Tune Sumar MPd. Strata 1. Jurusan Manajemen Pendidikan. Faklutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) conseptual skill, (2) human skill, (3) tehnik skill di SMK Negeri 1 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) keterampilan konsep kepala sekolah dilakukan melalui, (a) menjalin hubungan dengan stakeholder, (b) pertemuan dengan orang tua siswa, (c) menyusun program jangka panjang dan jangka menengah, (d) melalui rapat dewan guru, dan (e) melibatkan seluruh personil sekolah. (2) keterampilan manusiawi kepala sekolah dilakukan melalui, (a) kerjasama dengan instansi pemerintah, (b) kerjasama dengan pihak perusahaan dan peindustrian, (c) kerjasama dengan pihak kepolisian maupun BNN, (d) menjalin komunikasi yang baik antara guru, siswa dan orang tua siswa bahkan seluruh stakeholder, (e) memberikan motivasi dan nasehat kepada guru maupun siswa, (f) melakukan model pembelajaran menarik (teaching). (3) keterampilan teknik kepala sekolah dilakukan melalui, (a) melaksanakan program supervisi kepada guru, (b) membantu guru menggunakan sumber dan media belajar, (c) memperbaiki situasi belajar mengajar dan membantu guru menemukan kesulitan belajar siswa, (d) menyiapkan program tahunan atau prota, (e) menyiapkan silabus atau program semester, (f) menyiapkan RPP atau program harian, (g) mengawasi proses dan belajar siswa, (h) mengawasi tingkah laku siswa dilingkungan sekolah.
Untuk itu disarankan: (1) bagi kepala sekolah dapat lebih meningkatkan keterampilan manajerial dalam menyelenggarakan program pendidikan. (2) bagi guru, lebih melakukan inovasi dan mengembangkan pengetahuan dalam mendesain kegiatan belajar sehingga pembelajaran lebih memberi makna dalam pendidikan. (3) bagi siswa, lebih meningkatkan pengetahuan dan pengembangan bakat sesuai dengan jurusan masing-masing sehingga output yang menjadi harapan masyarakat lebih berkualitas (4) bagi peneliti, dapat melakukan penelitian lebih lanjut yang mampuh mengukapkan lebih dalam tentang keterampilan kepala sekolah.
Kata Kunci : keterampilan konseptual, keterampilan manusiawi, keterampilan teknik
Download berkas