Penulis / NIM
AYIS UMAR / 131412088
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
Ayis Umar, 2019 ..."Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Penguatan Karakter Integritas Siswa di SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Ansar, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 1 Dungaliyo, (2) Penguatan Karakter integritas siswa di SMA Negeri 1 Dungaliyo. (3) Pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap penguatan karakter integritas siswa di SMA Negeri 1 Dungaliyo. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kusioner (angket) yang terdiri dari dua variabel, dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data dan serta pengujian hipotesis yaitu perhitungan koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kecerdasan emosional di SMA Negeri 1 Dungaliyo termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 78,00 %. (2) Penguatan Karakter integritas siswa di SMA Negeri 1 Dungaliyo termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 77,11 %, (3) Kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penguatan karakter integritas siswa di SMA Negeri 1 Dungaliyo dengan nilai r = 0.7085 atau 70,85 %. Saran-saran: (1) Bagi Sekolah, diharapkan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat melibatkan emosi siswa, serta menerapkan berbagai program untuk menanamkan dan menyemaikan integritas kepada siswa peserta didik. (2) Bagi Guru bahwa hendaknya guru-guru agar memasukkan unsur-unsur kecerdasan emosioal dalam menyampaikan materi serta melatih siswa jujur dalam pembuatan laporan, tugas dan saat ujian. (3) Bagi siswa hendaknya lebih mengendalikan emosi, dan juga selalu memperhatikan emosi sesama siswa serta melatih kejujuran dari hal-hal kecil seperti tidak menyontek, dan konsisten dengan apa yang dikatakan dan dipikirkan.
Kata kunci :Kecerdasan Emosional, Penguatan Karakter, Integritas.
Download berkas