Penulis / NIM
YULAN RADJI / 131412094
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
Yulan Radji. 2017. Penguatan Mutu Sekolah Berbasis Akreditasi Di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sitti Roskina Mas, M.M, M.Pd dan pembimbing II Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, (1) komitmen pimpinan madrasah dalam penguatan mutu siswa berbasis akreditasi, (2) komitmen guru dalam penguatan mutu siswa berbasis akreditasi, (3) komitmen siswa menjaga kualitas, (4) komitmen siswa mewujudkan fakta integritas terbaik nasional di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dan sumber diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tekhnik individual case dari Miles dan Mantja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penguatan mutu sekolah berbasis akreditasi yaitu: (1) dilakukan melalui, (a) pemenuhan SNP yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, (b) tambahan kurikulum Cambridge internasional sebagai modifikasi kurikulum standar pada mata pelajaran MAFIKIBI plus ekonomi dan geografi, (c) program matrikulasi menyamakan konsep dasar keilmuan pada mata pelajaran MAFIKIBI plus ekonomi dan geografi serta keagamaan pada siswa baru sebelum memasuki mata pelajaran regular, (d) muatan lokal terdiri dari tahfidzul qur'an dan KIR, dan (e) penilaian berbasis IT menggunakan aplikasi SIMANIC. (2) dilakukan melalui, (a) perencanaan proses pembelajaran terkait pengembangan silabus kurikulum 2013 di MAN ICG diberikan oleh pemerintah pusat dan dikembangkan kedalam RPP yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik, (b) prosedur penyusunan RPP sepenuhnya mengikuti standar nasional, (c) proses pembelajaran disesuaikan dengan langkah-langkah RPP, dan (d) penilaian hasil belajar dilakukan berdasarkan pada aspek koginitif, afektif dan psikomotor. (3) Dilakukan melalui, (a) menjaga nilai kejujuran, (b) komitmen siswa dalam mematuhi aturan yang diberikan madrasah, (c) peduli dan menghargai sesama, (d) menjaga amanah yang diberikan, (e) menjaga tali silaturahmi, (f) bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas, (g) menjaga nama baik madrasah saat berada diluar, dan (h) ikut berperan dalam mencetak prestasi baik dari segi lokal, sampai internasional. (4) dilakukan melalui, (a) siswa konsisten terhadap aturan yang diterapkan oleh sekolah, (b) memberikan sanksi tegas bagi siswa yang melanggar, (c) menjaga integritas peran siswa dari jujur pada diri sendiri, (d) bertanggung jawab dan melakukan segala hal dengan sebaik mungkin, dan (e) pengkondisian persiapan ujian nasional merupakan wujud dari fakta integritas.
Kata kunci : mutu sekolah, akreditasi sekolah, standar nasional pendidikan
Download berkas