SKRIPSI

Penulis / NIM
DESWINTA T. ISA / 131412100
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Abstrak
ABSTRAK Deswinta T. Isa, 2017. Manajemen Pendidikan Karakter. Pembimbing I, Ibu Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd dan pembimbing II bapak Dr. Phil. H. Ikhfan Haris, M. Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan pendidikan karakter siswa, (2) pengorganisasian pendidikan karakter siswa, (3) pelaksanaan pendidikan karakter siswa,( 4) evaluasi pendidikan karakter siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan rancangan penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Gorontalo telah dilakukan dengan baik yang dilakukan dengan penerapan konsep kurikulum 2013 menekankan pada aspek kognitif, afektif, psikomotorik melalui penilaian berbasis test dan portofolio saling melengkapi, (2) Pengorganisasian pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Gorontalo telah dilakukan dengan efektif,dimana kepala sekolah mendelegasikan fungsinya kepada guru untuk mewujudkan pendidikan karakter yang berkualitas dan berimplikasi baik bagi para siswa di sekolah, (3) Pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Gorontalo dilakukan dengan baik yakni dimulai dari hal-hal kecil yang mudah untuk dikerjakan oleh siswa dalam pendidikan karakter dan (4) Evaluasi pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Gorontalo dilakukan oleh semua pihak dengan baik yang dapat dilihat dari adanya tindakan atau tindak lanjut yang dilakukan oleh guru atas internaliasi nilai-nilai karakter. Untuk itu disarankan: (1) bagi sekolah, mampu mengembangkan serta membentuk perilaku siswa yang berkarakter agar kedepannya menjadi yang terdepan dan lebih baik lagi.( 2) bagi guru, mampu membina, melatih, berbudaya, beradab menjadi teladan agar siswa memiliki karakter yang dipersorotkan di sekolah. (3) bagi peneliti, menambah wawasan dalam hal manajemen pendidikan karakter siswa. Kata kunci: Manajemen pendidikan karakter.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011