SKRIPSI

Penulis / NIM
HAWARIA SUMA / 131412102
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK Hawaria Suma. 2016. Hubungan Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru dengan Keefektifan Mengajar Guru di SMP Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si, Pembimbing 2 : Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui Keefektifan Mengajar Guru di SMP Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, (2) Untuk mengetahui Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru di SMP Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, (3) Untuk mengetahui Hubungan antara Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru dengan Keefektifan Mengajar Guru di SMP Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan mengajar guru terletak pada kriteria sangat baik 87,76% dan kemampuan pengelolaan kelas guru terletak pada kriteria sangat baik 87,11%. Keterkaitan Hubungan antara kemampuan pengelolaan kelas guru dengan keefektifan mengajar guru di SMP Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo sebesar 25% dengan r = 0,50. Saran : (1) Guru harus mempertahankan keefektifan mengajarnya sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Guru sebagai pendidik hendaknya mempertahankan lagi kemampuannya dalam mengelola kelas agar siswa lebih termotivasi lagi dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan efektif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. (2) Hasil penelitian ini diharapkan dapat memotivasi guru-guru untuk lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar, sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi peserta didik. (3) Bagi pihak sekolah atau kepala sekolah harus selalu membimbing dan memberikan dukungan kepada guru-gurunya agar mereka selalu mempertahankan dan lebih meningkatkan lagi kemampuannya dalam pengelolaan kelas sehingga keefektifan mengajar guru juga sesuai dengan apa yang menjadi tujuan utama sekolah tersebut. (4) Bagi peneliti, dengan adanya penelitian ini agar supaya peneliti lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam dunia pendidikan terutama mengenai hubungan kemampuan pengelolaan kelas guru dengan keefektifan mengajar guru. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Keefektifan Mengajar Guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011