Penulis / NIM
FATMAWATI YUSUF / 131412108
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
Fatmawati Yusuf, 2016. Perilaku Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Integritas Sekolah. Pembimbing I, Dr. Arwildayanto, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kepemimpinan Guru dalam Pembelajaran, 2) Kepemimpinan Guru Membangun Integritas Sekolah, 3) Indeks Integritas Sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan rancangan penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kepemimpinan guru dalam pembelajaran yaitu guru menjalankan tugasnya sebagai pemimpin dalam pembelajaran seperti, guru memfasilitasi pembelajaran, guru membimbing siswa, guru mengembangkan potensi siswa, guru melakukan evaluasi hasil belajar siswa. 2) Kepemimpinan guru membangun integritas sekolah yaitu guru menggunakan strategi kepemimpinannya yakni komitmen guru pada siswa dalam membangun integritas sekolah, kompetensi guru membangun integritas sekolah dan cara guru dalam menciptakan karakter siswa untuk membangun integritas sekolah.
3) Indeks integritas sekolah yaitu meliputi nilai-nilai kejujuran, transparansi atau keterbukaan dan Man Insan Cendekia Gorontalo sebagai salah satu penerima Anugerah Sekolah Berintegritas Tinggi Tahun 2015 (memiliki rentang skor indeks integritas 92-97).
Disarankan: 1) Untuk sekolah, agar tetap menjaga kualitas pembelajaran dan tetap mempertahankan pembelajaran berbasis iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan imtak (iman dan takwa). 2) Untuk guru, diharapkan pengembangan kurikulum dan proses pembelajaran dilakukan secara terus menerus sehingga dapat menciptakan pembelajaran kreatif, inovatif, dan menyenangkan, serta relevan dengan kebutuhan perkembangan belajar siswa. 3) Siswa, agar tetap dapat melaksanakan tata tertib dan mencapai potensi belajar dengan baik. 4) Peneliti, untuk penelitian dimasa mendatang agar lebih dalam lagi akan hal-hal yang belum terungkap dalam penelitian ini.
Kata kunci: kepemimpinan guru, integritas sekolah
Download berkas