Penulis / NIM
RISWANTO ADAM / 131412110
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
Riswanto Adam. 2016. Strategi Sekolah dalam Pembinaan Peserta Didik di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd dan pembimbing II Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan menjelaskan : (1) strategi sekolah dalam pembinaan akademik peserta didik. (2) strategi sekolah dalam pembinaan non-akademik peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, Hasil penelitian ini menunjukan : (1) strategi sekolah dalam kegiatan pembinaan akademik yaitu sekolah mampu membuat berbagai program pembelajaran meliputi pembelajaran berbasis lingkungan, penggunaan metode belajar, bimbingan belajar, tambahan jam belajar bagi kelas atas serta program huyula kelas, (2) strategi sekolah dalam kegiatan pembinaan non-akademik yaitu adanya kegiatan siswa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai yakni kegiatan hening baca, olahraga, kesenian, green school, palang merah remaja serta kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan. Berdasarkan hasil penelitian diatas disarankan kepada: (1) kepala sekolah agar dapat meningkatkan serta mempertahankan hasil yang telah dicapai sekolah baik pada kegiatan akademik maupun non-akademik peserta didik agar menjadi ciri khas dari sekolah dan menjadi keunggulan tersendiri dari sekolah, (2) guru dapat mendukung serta berperan aktif dalam pelaksanaan program yang dibuat oleh sekolah menyangkut pengembangan karakter peserta didik melalui proses pembelajaran,(3) koordinator ekstrakurikuler agar dapat melaksanakan aturan serta tanggung jawab sesuai dengan tufoksi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler siswa, (4) siswa untuk dapat melaksanakan tata tertib, mantaati aturan, peran serta mendukung program sekolah dan mencapai prestasi baik akademik maupun non-akademik disekolah.
Kata Kunci : Pembinaan akademik, non-akademik
Download berkas