Penulis / NIM
JEIN PILOMALI / 131412111
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstrak
ABSTRAK
Jein Pilomali. Pengembangan Budaya Sekolah Berbasis MultiEtnis Di SMK Salafiyah Syafi'iyah. Di bawah bimbingan Dr. Asrin, S. Ag, M. Pd. Dan Drs. H. Mohammad Polinggapo, S. Sos, M. Pd. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan. Program Studi Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo, 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengembangan budaya sekolah berbasis multietnis dalam kegiatan intrakurikuler (2) Pengembangan budaya sekolah berbasis multietnis dalam kegiatan ekstrakurikuler (3) Faktor pendukung dalam pengembangan budaya sekolah berbasis multietnis.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, pengamatan lapangan dan pengumpulan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan beberapa cara yaitu kredibilitas, auditabilitas, dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukan Pengembangan Budaya Sekolah Berbasis Multietnis di SMK Salafiyah Syafi'iyah yaitu: (1) Dalam kegiatan intrakurikuler yaitu proses pembelajaran didalam kelas guru-guru menerapkan budaya salam, membiasakan siswa sebelum belajar berdo'a agar pembelajaran yang akan dilaksanakan akan berjalan dengan baik. Kemudian pada program pembelajaran diluar kelas tidak semua guru mata pelajaran melaksanakan pembelajaran diluar kelas hanya mata pelajaran tertentu saja yang dilaksanakan diluar kelas yaitu seperti mata pelajaran Penjaskes, selebihnya guru hanya menekankan pada pembentukan sikap. (2) Dalam kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan-kegiatan yang dilakukan yakni: Kegiatan olahraga, kesenian, kepramukaan, dan kegiatan kerohanian. Dalam kegiatan ini warga sekolah dan masyarakat saling bekerja sama dan saling mendukung sehingga apa yang ingin diwujudkan oleh sekolah dapat tercapai sesuai tujuan yang diinginkan bersama. (3) Faktor pendukung dalam pengembangan budaya sekolah berbasis multietnis yakni Faktor intern sekolah meliputi faktor lingkungan sekolah, tenaga pendidik, dan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor ekstern sekolah meliputi dukungan dari orangtua dan dukungan dari masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penulis memberika saran Sebaiknya sekolah terus berupaya mengembangkan cara-cara dalam internalisasi nilai budaya. Pendekatan yang variatif yang dilakukan tentunya akan menambah inisiatif dari siswa dalam mengembangkan budaya sekolah dan mempertahankan nilai-nilai positif dalam diri siswa.
Kata Kunci : Budaya Sekolah, Multietnis
Download berkas