Penulis / NIM
YULIN NUE / 131413002
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
Yulin Nue, NIM. 131413002 "Hubungan Antara Kepemimpinan Pembelajaran Guru Dan Iklim Kelas Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Smp Negeri Pada Kelas VIII Di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo". Pembimbing I Dr. Phil Ikhfan Haris, M.Sc dan pembimbing II Dr. Hj. Fory A. Naway, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepemimpinan pembelajaran guru dan iklim kelas dengan motivasi berprestasi siswa SMP Negeri di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Populasi berjumlah 400 siswa kelas VIII dan sampel berjumlah 80 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji validitas, reliabilitas instrumen dan uji normalitas data, korelasi parsial dan korelasi simultan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan pembelajaran guru dengan motivasi berprestasi siswa SMPN di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Artinya semakin baik dan semakin tinggi kepemimpinan pembelajaran guru maka akan semakin baik dan tinggi pula motivasi berprestasi siswa. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim kelas dengan motivasi berprestasi siswa SMPN di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Artinya apabila iklim kelas kondusif dan mendukung dalam proses pembelajaran maka motivasi berprestasi siswapun meningkat. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan pembelajaran guru dan iklim kelas dengan motivasi berprestasi siswa SMPN di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Maksudnya bahwa apabila kepemimpinan pembelajaran guru dan iklim kelas sama sama tinggi dan baik maka motivasi berprestasi siswapun menjadi tinggi.
Saran-saran: (1) Bagi kepala sekolah sebaiknya lebih meningkatkan kepemimpinan pembelajaran guru melalui supervisi agar kepemimpinan pembelajaran guru dapat terus meningkat sehingganya berdampak pula pada tingginya motivasi berprestasi siswa. (2) Sebaiknya guru perlu meningkatkan kepemimpinannya dalam pembelajaran untuk membimbing, mengarahkan, mendorong serta memotivasi siswa agar siswa motivasi berprestasinya lebih meningkat. (3) Bagi siswa sebaiknya terus meningkatkan keinginan dalam mencapai prestasi melalui tindakan-tindakan positif di dalam kelas terutama dalam kegiatan pembelajaran di kelas
.
Kata kunci: kepemimpinan pembelajaran guru, iklim kelas, motivasi berprestasi siswa
Download berkas