SKRIPSI

Penulis / NIM
SIMYAR AMBELA / 131413004
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK Simyar Ambela. 2017. Penguatan Jiwa Kewirausahaan Siswa di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing : (I) Dr. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd (II). Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) nilai-nilai kewirausahaan yang di internalisasikan (2) strategi penguatan kewirausahaan siswa melalui integrasi mata pelajaran, ekstrakurikuler dan pengembangan diri, (3) dampak penguatan bagi siswa MAN Insan Cendekia Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yakni: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, dengan alur (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan. agar memperoleh keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Hasil penelitian menunjukan: (1) nilai-nilai kewirausahaan yang di internalisasikan di MAN Insan Cendekia Gorontalo berdasarkan visi dan misi serta budaya penciri sekolah diantaranya sebagai berikut: (a) nilai kepercayaan diri siswa (b) nilai kreatifitas pada diri siswa, (c) nilai keberanian mengambil resiko terhadap usaha yang dilaksanakan. (2) penguatan kewirausahaan di MAN Insan Cendekia Gorontalo merupakan poros utama seluruh warga sekolah. oleh karena itu terdapat berbagai strategi yang dilakukan yaitu a) Melaksanakan integrasi program kewirausahaan pada mata pelajaran yang diajarkan, (b) peningkatan program kewirausahaan melalui kegiatan ekstrakurikuler, (c) melaksanakan kegiatan pengembangan diri melalui program kemitraan dengan UMKM sekitar sekolah. (3) dampak yang terjadi dari kegiatan penguatan kewirausahaan di MAN Insan Cendekia Gorontalo meliputi: (a) memiliki jiwa pemimpin (b) memiliki pikiran orisinil, (c) memiliki orientasi ke depan, (d) suka pada tantangan, dan menemukan diri dengan merealisasikan ide-idenya. berdasarkan beberapa strategi dan dampak dari kewirausahaan siswa diperoleh ternyata integrasi program kewirausahaan pada mata pelajaran sangat signifikan dampaknya pada pengembangan jiwa wirausaha siswa, karena di setiap kegiatan pembelajaran, muatan materi pada mata pelajaran yang diberikan memuat unsur program wirausaha Untuk itu disarankan: (1) bagi sekolah kegiatan kewirausahan ini dapat menjadi kekuatan sekolah dalam mengembangkan lembaganya menuju sekolah mandiri berbasis kewirausahaan. (2) bagi kepala sekolah dan guru, dapat memberikan informasi bahwa pendidikan kewirausahaan harus dijalankan sebagai mestinya sesuai dengan pengelolaannya yang di mulai dari perencnaan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi agar motivasi berwirausaha dapat terwujud. (3) bagi siswa dapat meningkatkan semangat belajar dalam pendidikan berwirausaha agar dapat menjadi seorang wirausaha yang hebat (4) bagi peneliti agar dapat menjadi acuan peneliti dimasa mendatang. Kata kunci: jiwa kewirausahaan, karakter kewirausahaan Madrasah Aliyah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011