Penulis / NIM
DESMA HASAN / 131413005
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Desma Hasan, NIM. 131 413 005 "Asesmen Kebutuhan Gedung Sekolah Pada Pendidikan Dasar Negeri Sekota Gorontalo". pembimbing I Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perkembangan jumlah siswa baru di SDN Sekota Gorontalo pada tahun 2017-2022 dan 2) pertambahan ruang kelas pada tahun 2017-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif bersifat proyeksi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sekota Gorontalo. peneliti menggunakan data jumlah siswa baru dan data rombel/ruang kelas siswa baru untuk di proyeksikan apakah jumlah siswa baru dan ruang kelasnya meningkat atau menurun.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Jumlah siswa baru SDN Sekota Gorontalo diproyeksikan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, (2) Jumlah ruang kelas/rombel untuk siswa baru SDN Sekota Gorontalo diproyeksikan mengalami pertambahan ruang kelas setiap tahun.
Untuk itu disarankan: (1) Untuk Pemerintah: diharapkan agar dapat merencanakan pertambahan gedung ruang kelas untuk siswa baru dan gedung-gedung lainnya dimasa yang akan datang. Seperti gedung musolah, perpustakaan, uks dan gudang. karena dari hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah siswa dan ruang kelas SDN Sekota Gorontalo pada tahun 2017-2022 diproyeksikan akan mengalami peningkatan setiap tahun. (2) Untuk Kepala Sekolah, guru, dan siswa agar bisa menjaga dan memelihara sarana dan prasarana sekolah yang sudah disediakan oleh pemerintah.
Kata Kunci : asesmen, kebutuhan, gedung sekolah
Download berkas