Penulis / NIM
MURTIA DAI / 131413007
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Murtia Dai, 2018. Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Kerja Guru Dengan Keterlibatan Guru Dalam Pengambilan Keputusan Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Selatan. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Novianty Djafri. M.Pd.I.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kecerdasan emosional guru dengan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan,
(2) hubungan antara motivasi kerja guru dengan keterlibatan pengambilan guru dalam keputusan, dan (3) hubungan secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan motivasi kerja guru dengan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara antara kecerdasan emosional guru dengan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara antara motivasi kerja guru dengan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara secara bersama-sama (secara simultan) antara kecerdasan emosional dan motivasi kerja guru dengan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan. Saran dari penelitian ini antara lain: (1) bagi guru di sekolah dasar negeri di Kecamatan Kota Selatan agar senantiasa berusaha untuk memperhatikan dan meningkatkan kecerdasan emosional dan motivasi kerjanya guna mengoptimalkan keikutsertaannya dalam setiap pengambilan keputusan, (2) bagi pemerintah setempat diharapkan agar senantiasa melakukan berbagai kegiatan seperti diklat sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional guru, dan memberikan penghargaan terhadap prestasi kerja pegawai sebagai upaya meningkatkan motivasi kerja yang diharapkan dapat berdampak positif pada keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan di sekolah, (3) bagi sekolah, diharapkan agar para kepala sekolah memperhatikan dan melakukan tindakan-tindakan yang dapat memacu motivasi kerja setiap guru yang bertugas di Sekolah Dasar Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo, dan (4) bagi peneliti, hasil penelitian dapat dijadikan sebagai tambahan informasi maupun referensi dalam meneliti lebih lanjut tentang kecerdasan emosional, motivasi kerja, dan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Kerja, Pengambilan Keputusan
Download berkas