SKRIPSI

Penulis / NIM
ERPINA I. PAKAYA / 131413015
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK Erpina I. Pakaya, 2018. ..."Pelaksanaan Nilai-Nilai Religius di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan. Pembimbing I) Dr. Arifin Suking, S. Pd, M. Pd dan pembimbinga II) Dr. Besse Marhawati, S. Pd, M. Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisipkan tentang Pelaksanaan Nilai-Nilai Religius Di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo yang di fokuskan pada: 1) jenis nilai-nilai religius di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo, 2) bentuk pelaksanaan nilai-nilai religius di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo, 3) dampak pelaksanaan nilai-nilai religius di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) jenis nilai-nilai religius di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo yaitu a) budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), dan b) disiplin dalam beribadah. 2) bentuk pelaksanaan nilai-nilai religius di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo yaitu a) bentuk pelaksanaan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), b) bentuk pelaksanaan disiplin dalam beribadah. 3) dampak pelaksanaan nilai religius di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo yaitu a) dampak pelaksanaan nilai-nilai religius pada warga sekolah yaitu a) warga sekolah mulai religius, dan b) menerapkan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). b) dampak pelaksanaan nilai-nilai religius pada warga masyarakat yaitu a) warga masyarakat sudah religius, b) warga masyarakat selalu terlibat dalam kegiatan-kegiatan keagamaan. Untuk itu disarankan kepada : 1) kepala sekolah yaitu hendaknya budaya sekolah diterapkan melalui program-program kegiatan sekolah lebih di intensifkan dan komitmen dalam melaksanakannya agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai, 2) guru yaitu dapat dijadikan sebagai pendorong untuk melaksanakan nilai-nilai budaya religius yang dikembangkan di sekolah sehingga tercipta budaya sekolah yang teligius, 3) siswa yaitu dapat melakukan nilai-nilai budaya religius yang dikembangkan di sekolah sehingga tercapai lingkungan sekolah yang religius, 4) peneliti yaitu dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan metode yang berbeda sehingga dapat menemukan arti penting nilai-nilai religius di sekolah. Kata Kunci: Pelaksanaan Nilai-nilai Religius ABSTRACT Erpina I. Pakaya, 2018. " The Implementation of Religious Values at SMK Pariwisata Bubohu of Gorontalo". Skripsi. Study Program of Educational Administration, Department of Education Management. The principal supervisor is Dr. Arifin Suking, S. Pd, M. Pd and the co-supervisor is Dr. Besse Marhawati, S. Pd, M. Pd The study was aimed at describing the Implementation of Religious Values in SMK Pariwisata, District of Gorontalo that focused on 1) type of religious values at SMK Pariwisata Bubohu, District of Gorontalo, 2) the implementation from of religious values at SMK Pariwisata Bubohu, District Gorontalo, 3) the impact of the implementation of religious values at SMK Pariwisata Bubohu, District of Gorontalo. It was a case study by applying qualitative method. The techniques of data collection were an interview, observation, and documentation. Findings revealed that 1) types of religious values at SMK Pariwisata Bubohu, district of Gorontalo were a) 5S culture (senyum (smile), salam (regard), sapa (Greeting), sopan (genteel), and santun (polite), and b) discipline in praying; 2) the implementation froms of religious values at SMK Pariwisata Bubohu, District of Gorontalo were a) the implementation of 5s culture and, b) the implementation of discipline in praying. 3) the impacts of the implementation of religious values at SMK Pariwisata Bubohu, District of Gorontalo were divided into a) the impact of the implementation of religious values for the school community which showed that school community had started to be religious and had implemented the 5s culture, b) the impact of the implementation of religious values for the community which showed that the community had been religious and had been involved in religious activites. Hence, it was suggested that 1) the school principal should implement the school culture through school activities programs intensively and there should be committed in implementing it in order to the learning process run well thus the education goals could be achieved, 2) the teacher should encourage the implementation of religious culture values developed at schools thus the religios school culture would be created, 3) the students should implement religius culture values developed at schools thus the religious school culture would be created, and 4) other researchers should conduct other research relation to this topic using different method thus the essential meating of religious values at school would be found. Keywords: The Implementation of Religious Values
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011