SKRIPSI

Penulis / NIM
DESIYANTI RAHIM / 131413017
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK Desiyanti Rahim. 2018 "Pembinaan Peserta Didik Berbasis Religius di SMP Muhammadiyah 1 Gorontalo" Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arifin Suking, M.Pd dan Pembimbing II Intan Abd. Razak, S.Ag, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan kegiatan akademik dan kegiatan non akademik berbasis religius, di SMP Muhammadiyah 1 Gorontalo, 2) Nilai-nilai religius yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 1 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah pendekatan studi kasus. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam,suatu data yang mengandung makna. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut diuraikan sebgai berikut : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Gorontalo menunjukan bahwa : 1) Pelaksanaan kegiatan akademik berbasis religius merupakan suatu keharusan dan sudah berjalan dengan baik yaitu dalam bentuk pembinaan akademiknya meliputi penerapan kurikulum dan proses pembelajaran yaitu Mengintegrasikan nilai-nilai religius kedalam setiap mata pelajaran, melalui silabus dan RPP dan Mengintegrasikan nilai nilai religius pada saat menyampaikan materi, metode pembelajaran, maupun sistem penilaian. Serta Pembinaan berkelanjutan (program tambahan pondok pesantren) bagi siswa yang mondok. Kegiatan non akademik dilaksanakan melalui beberapa kegiatan seperti tadarus pagi, zuhur ashar berjamaah dan kegiatan jum'at dan kegiatan tambahan yang ada di ponndok pesantren. 2) Nilai-nilai religius yang di terapkan di SMP Muhammadiyah 1 Gorontalo diantaranya nilai ibadah nilai jujur, nilai kedisiplinan,nilai keteladanan dan nilai tanggung jawab.Peneliti menyarankan 1) bagi siswa agar tetap patuh dalam aturan sehubungan dengan pembinaan peserta didik berbasis religius, jangan hanya diberlakukan dilingkungan sekolah namun juga tetap diterapkan dilingkungan tempat tinggal, 2) bagi sekolah diharapkan agar tetap dipertahankan dan lebih di tingkatkan, 3) bagi pembina pondok agar lebih memperbanyak kegiatan islami agar nilai-nilai religius lebih meningkat, 4) bagi orang tua harus dilibatkan lagi dalam pembinaan peserta didik agar religius tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah melainkan tanggung jawab bersama. Kata kunci: Pembinaan Peserta Didik, Berbasis Religius
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011