Penulis / NIM
NURAIN ABAS / 131413025
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
Nurain Abas, 2017, Keefektifan Penerapan Standar Acuan Minimal Bidang Kesiswaan di MAN Insan Cendekia Gorontalo, Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (1) Dr. Asrin, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Arifin Suking, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan penerapan standar penerimaan siswa baru, 2) keefektifan penerapan standar prosedur seleksi penerimaan siswa baru, 3) keefektifan penerapan standar masa orientasi siswa baru, 4) keefektifan penerapan standar pembinaan kesiswaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan standar penerimaan siswa baru berada pada kategori sangat efektif, 2) penerapan standar prosedur seleksi penerimaan siswa baru berada pada kategori sangat efektif, 3) penerapan standar masa orientasi siswa baru berada pada kategori sangat efektif, dan 4) penerapan standar pembinaan kesiswaan berada pada kategori efektif.
Untuk itu disarankan: 1) bagi Kepala Madrasah diharapkan dapat memperhatikan dan mempertimbangkan alternatif terhadap standar yang belum diterapkan, 2) Bagi guru, diharapkan dapat lebih memahami standar yang ditetapkan oleh madrasah, 3) Bagi panitia Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA), diharapkan dapat lebih memahami proses pelaksananaan MATSAMA dengan lebih baik lagi, 4) Bagi siswa, diharapkan dapat menaati segala aturan yang telah ditetapkan oleh madrasah agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Keefektifan, Standar Acuan Minimal, Kesiswaan
Download berkas