Penulis / NIM
IDAN I. PAKAYA / 131413029
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK
Idan Pakaya. 2017. Evaluasi Implementasi Wajib Belajar 12 Tahun di Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ansar, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Hj. Forry Armin Nawai, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui gorontalo cerdas, program unggulan, pendidika gratis, dan pertumbuhan penduduk sebagai konteks wajib belajar 12 tahun di Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo, 2) mengetahui tenaga pedidik, usia sekolah, sarana prasarana, dan keuangan sebagai input wajib belajar 12 tahun di Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo, 3) mengetahui penerimaan siswa baru dan pembiayaan pendidikan sebagai proses evaluasi wajib belajar 12 tahun di Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo, 4) mengetahui Bagaimana hasil belajar siswa, APM, APK, dan rata-rata kelulusan sebagai produk evaluasi wajib belajar 12 tahun di Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product). Hasil penelitian ini yaitu : 1) Pada aspek konteks wajib belajar 12 tahun di Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo meliputi gorontalo cerdas, program unggulan, pendidikan gratis, dan pertumbuhan penduduk berada pada kategori sangat baik dengan persentase 91 %, 2) Input wajib belajar 12 tahun di Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo yaitu gorontalo cerdas, program unggulan, pendidikan gratis, dan pertumbuhan penduduk berada pada kategori cukup baik dengan persentase 71 %, 3) Proses wajib belajar 12 tahun di Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo yaitu tenaga pendidik, usia sekolah, sarana prasarana SD, SMP, SMA dan kuangan untuk wajar 12 tahun berada pada kategori cukup baik dengan persentase 75 %, 4) Produk wajib belajar 12 tahun di Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo yaitu kelulusan, APM SD/SMP/SMA, APK SD, SMP, SMA dan rata-rata kelulusan SD/SMP/SMA untuk wajar 12 tahun berada pada kategori baik dengan persentase 78 %.
Berdasarkan Hasil Penelitian tersebut maka di sarankan : 1) Pemerintah Pusat, menambah jumlah guru seperti guru Agama untuk SD dan Guru Produktif bagi SMK serta membuat kebijakan mengenai guru keliling (Rolling Teacher). 2) Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, diharapkan memberikan perhatian serius tentang pendidikan untuk penggantian Prodira serta menambah ruang kelas dan gedung perpustakaan dan sarana pendukung lainnya
Kata Kunci : Evaluasi, Wajib Belajar 12 Tahun, Model CIPP.
Download berkas