Penulis / NIM
ISRAWANTO H. DODA / 131413035
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Israwanto H. Doda, 2019. Evaluasi Kinerja Pembelajaran Dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan II: Dr. Arwildayanto, M.Pd dan Dr. Novianty Djafri, S.PdI, M.PdI
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui kinerja dosen pada bidang pendidikan/pengajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan evaluatif, dengan modelmenggunakan countenance evaluation stake model. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai evaluasi kinerja pembelajaran dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo yaitu: (1) Persiapan pembelajaran yang dilakukan dosen berada pada kategori sangat baik.
(2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dosen berada pada kategori baik. (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dosen berada pada kategori cukup baik. Rekomendasi berdasarkan hasil-hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Perlunya peningkatan kemampuan dosen dalam memberikan pelayanan pendidikan dan pengajaran bagi mahasiswa. (2) Perlunya peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo untuk mendukung. (3) Perlunya monitoring dan evaluasi dampak dari hasil-hasil program kegiatan pembelajaran di kampus.
Kata Kunci: Evaluasi, Kinerja Dosen, Tridharma Perguruan Tinggi,
Pembelajaran.
Download berkas