Penulis / NIM
SANTO KAHARU / 131413036
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Santo Kaharu. 2018. Penerapan Sekolah Ramah Anak Berbudaya Lingkungan di SDN 2 Tabongo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Sitti Roskina Mas, MM. M.Pd dan Pembimbing II Dr.Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran guru ddalam penerapan sekolah ramah anak berbudaya lingkungan, (2) keterlibatan orang tua dala penerapan sekolah ramah anak berbudaya lingkungan , (3) sarana pendukung sekolah ramah anak berbudaya lingkungan dan (4) dampak sekolah ramah anak berbudaya lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran guru dalam penerapan sekolah ramah ana berbudaya lingkungan: (a) guru sebagai pembimbing, (b) guru sebagai pengasuh, (c) memperlakukan anak dengan baik dan adil, (d) menumbuhkan rasa percaya diri terhadap siswa (2) keterlibatan orangtua dalam penerapan sekolah ramah anak berbudaya lingkungan: (a) membuat program huyula kelas, (b) memantau aktivitas siswa, (c) membantu pihak ekolah dalam pengadaan sarana dikelas (3) sarana pendukung sekolah raamah anak berbudaya lingkungan (a) simbol-simbol yang berhubungan dengan sekolah ramah anak (b) kantin sehat (c) gedung sekolah (d) ruang pperpustakaan (e) ruang uks (f) ruang bimbingan konseling (4) dampak sekolah ramah anak berbudaya lingkungan terhadap siswa (a) kepercayaan diri siswa meningkat (b) kedisiplinaan siswa meningkat (c) prestasi siswa meningkat.
Kata Kunci: sekolah ramah anak, berbudaya lingkungan
Download berkas