Penulis / NIM
RAMNA PAKAYA / 131413040
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
Ramna Pakaya. 2017. Evaluasi Standar Proses Pendidikan Di MIM Unggulan Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Abdul Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing (II) Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui Aspek Antaseden di Tinjau dari Visi Misi, Standar Nasional Pendidikan, Guru, Siswa, Kurikulum, Pengelolaan Keuangan, Sarana dan Prasarana Di MIM Unggulan, 2) mengetahui Aspek Transaksi di Tinjau dari Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, dan Pengawasan Pembelajaran Di MIM Unggulan, 3) Mengetahui Aspek Keluaran di Tinjau dari Prestasi Akademik dan Non Akademik Di MIM Unggulan.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan metode deskriptif yaitu menguraikan aspek antiseden (konteks), aspek transaksi (proses) dan aspek keluaran (output).
Hasil penelitian ini menunjukan : 1) Aspek antiseden evaluasi standar proses pendidikan di MIM Unggulan kota gorontalo berada pada kategori baik dengan persentase 85.9 %, 2) Aspek Transaksi evaluasi standar proses pendidikan di MIM Unggulan kota gorontalo berada pada kategori Baik yaitu 87.5 %, 3) Aspek Keluaran evaluasi standar proses pendidikan di MIM Unggulan kota gorontalo berada pada kategori Baik yaitu 83.2 %.
Berdasarkan hasil tersebut, maka disarankan : 1) Kementrian Agama, diharapkan membantu sekolah untuk pembangunan prasarana ibadah yaitu masjid sekolah, 2) Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, lebih meningkatkan pembinaan secara internal sekolah dalam upaya mengembangkan kemandirian sekolah, 3) Kepala Madrasah, pelaksanaan pengawasan pembelajaran perlu di tingkatkan sehingga dalam mengawasi pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, 4) Guru, khusus bagi guru kelas IV-VI pelaksanaan team teaching seharusnya dilakukan secara penuh dan bersama-sama untuk semua mata pelajaran dengan untuk memantau perkembangan siswa dalam kelas karena kemampuan satu orang guru tidak dapat mengimbangi jumlah siswa yang banyak dalam kelas, 5) Peneliti selanjutnya, mengembangkan indikator penelitian pada standar proses pendidikan.
Kata Kunci : Evaluasi Standar Proses Pendidikan
Download berkas