Penulis / NIM
RARAN HALUBANGGA / 131413041
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
Raran Halubangga. 2017. Pengukuran Kinerja Sekolah dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si. Pembimbing (II) Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sekolah dengan pendekatan Balanced Scorecard pada aspek proses internal yaitu pada proses perumusan visi, misi dan tujuan sekolah, pemenuhan SPM Pendidikan SMK, dan pelaksanaan pengawasan sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif ekspalanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, setiap pernyataan yang digunakan adalah perhitungan dengan formula presentase. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Kinerja sekolah SMKN 1 Gorontalo pada proses perumusan visi, misi dan tujuan sekolah berada pada kategori tinggi, (2) Kinerja sekolah SMKN 1 Gorontalo pada pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan SMK berada pada kategori tinggi, dan (3) Kinerja Sekolah SMKN 1 Gorontalo pada pelaksanaan pengawasan sekolah berada pada kategori tinggi.
Saran dalam penelitian ini : 1) Kepala Sekolah, Metode Balanced Scorecard dapat digunakan untuk mengukur kinerja sekolah untuk semua aspek namun pada penelitian ini Balanced Scorecard tepat digunakan untuk mengukur proses internal dalam sekolah, 2) Dinas Pendidikan, Metode Balanced Scorecard layaknya dapat diterapkan untuk mengukur kinerja pada lokasi sekolah yang berbeda, sebab indikatornya fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah, 3) Bagi peneliti lainnya, di rekomendasikan dapat melanjutkan penelitian ini dengan memilih aspak selain yang digunakan dalam penelitian ini atau mengembangkan penelitian dengan aspek proses internal tetapi pada indikator yang berbeda.
Kata Kunci : Pengukuran Kinerja Sekolah, Balanced Scorecard.
Download berkas