Penulis / NIM
MEGA SEPTIANA KASU / 131413046
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstrak
ABSTRAK
Mega Septiana Kasu. 2020. Studi Komparatif Prestasi Akademik antara Mahasiswa Aktivis dan Mahasiswa Non Aktivis di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Indeks prestasi akademik mahasiswa aktivis di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo; (2) Indeks prestasi akademik mahasiswa non aktivis di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo; (3) Tingkat masa studi antara mahasiswa aktivis dan mahasiswa non aktivis di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo; (4) Apakah terdapat perbedaan indeks prestasi akademik antara mahasiswa aktivis dan mahasiswa non aktivis di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa aktivis dan non aktivis lulusan FIP UNG periode tahun 2019/2020 dan 2020/2021 yang berjumlah 676 kemudian diambil sampel menggunakan teknik propotional stratified random dan diperoleh jumlah sampel 251 yang terbagi menjadi mahasiswa aktivis sejumlah 57 orang dan mahasiswa non aktivis 194 orang di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi yaitu nilai IPK mahasiswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan software statistik SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Indeks prestasi akademik mahasiswa aktivis berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata IPK sebesar 3,65; (2) Indeks prestasi akademik mahasiswa non aktivis berada pada kategori tinggi dengan nilai IPK sebesar 3,56; (3) Mahasiswa aktivis dan mahasiswa non aktivis rata-rata menyelesaikan studinya selama 8 (delapan) semester; (4) Terdapat perbedaan indeks prestasi akademik antara mahasiswa aktivis dan mahasiswa non aktivis karena nilai rata-rata IPK mahasiswa aktivis lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata IPK mahasiswa non aktivis. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Fakultas, penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan literatur dalam meningkatkan prestasi akademik bagi mahasiswa aktivis maupun mahasiswa non aktivis; (2) Bagi Mahasiswa Aktivis, diharapkan agar tetap dapat menyeimbangkan kegiatan akademik maupun kegiatan yang ada di organisasi sehingga kegiatan yang terdapat di organisasi tidak mengganggu aktivitas perkuliahan; (3) Bagi Mahasiswa Non Aktivis, diharapkan agar tidak terlalu apatis terhadap organisasi dan kiranya agar dapat berbagi ilmu dengan mahasiswa aktivis dalam memajukan prestasi secara bersama-sama; (4) Bagi Peneliti Selanjutnya, kiranya dapat menggunakan variabel atau metode lainnya untuk penyempurnaan penelitian kedepan.
Kata kunci: Aktivis, non aktivis, prestasi.
Download berkas