Penulis / NIM
HARDIYANTO HARUN / 131413051
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Hardiyanto Harun. 2017 Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan di Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKD-Diklat) Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, S.Pd, M.Si Pembimbing II Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Efektivitas Perencanaan Pendidikan dan Pelatihan di BKD-Diklat Kabupaten Gorontalo, 2) Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan di BKD-Diklat Kabupaten Gorontalo, 3) Efektivitas Hasil Pendidikan dan Pelatihan di BKD-Diklat Kabupaten Gorontalo, 4) Efektivitas Evaluasi dan Tindak Lanjut Pendidikan dan Pelatihan di BKD-Diklat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif . Teknik pengumpulan data observasi, menggunkan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Pendidikan dan Pelatihan di BKD-Diklat Kabupaten Gorontalo berada pada kategori Efektif dengan persentase 77.2%, 2) Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan di BKD-Diklat Kabupaten Gorontalo berada pada kategori cukup efektif dengan persentase 73.3%, 3) Hasil Pendidikan dan Pelatihan di BKD-Diklat Kabupaten Gorontalo berada pada kategori cukup efektif dengan persentase 69.3%, 4) Evaluasi dan Tindak Lanjut Pendidikan dan Pelatihan di BKD-Diklat Kabupaten Gorontalo berada pada kategori cukup efektif dengan persentase 68.3%. Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan di Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKD-Diklat) Kabupaten Gorontalo berada pada kategori cukup efektif ,dengan memperoleh rata-rata sebesar 74.02% sehingga perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan. Untuk itu disarankan :1) Bagi Pemerintah khususnya (BKD-Diklat) harus lebih meningkatkan kegiatan diklat yang dilaksanakan, 2) bagi peserta diklat harus memanfaatkan kegiatan diklat dengan semaksimal mungkin agar dapat diterapkan dilingkungan kerja, 3) bagi pebeliti berikutnya untuk lebih memperdalam kembali penelitian ini khususnya pada aspek-aspek yang belum dikaji oleh peneliti sebelumnya.
Kata Kunci : Efektivitas, Pendidikan, Pelatihan
Download berkas