Penulis / NIM
SOFYAN DJAFAR / 131413063
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
Sofyan Djafar. 2017. Keefektifan Program Pendidikan Dan Pelatihan Pada Guru Sekolah Dasar Di Dinas Pendidikan Kecamatan Dungaliyo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing (I) Prof. Dr. Phil Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing (II) Dr. Hj. Forry A. Naway, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perencanaan pendidikan dan pelatihan bagi guru SD di Kecamatan Dungaliyo,(2) pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi guru SD di Kecamatan Dungaliyo. (3) evaluasi dan tindak lanjut pendidikan dan pelatihan bagi guru SD di Kecamatan Dungaliyo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif ekspalanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, setiap pernyataan yang digunakan adalah perhitungan dengan formula presentase. Hasil penelitian meliputi : (1) Perencanaan pendidikan dan pelatihan bagi guru SD di Kecamatan Dungaliyo berada pada kategori cukup efektif dengan presentase sebesar 78,08 %, (2) Pelaksanaan pendidikan dan
pelatihan bagi guru SD di Kecamatan Dungaliyo berada pada kategori cukup efektif dengan presentase sebesar 78,73 %, (3) Evaluasi dan tindak lanjut pendidikan dan pelatihan bagi guru SD di Kecamatan Dungaliyo pada kategori cukup efektif dengan presentase sebesar 73,16 %.
Berdasarkan hasil penelitian, untuk itu disarankan : (1) Kepala Cabang Dinas Pendikan diharapkan memberikan perhatian terhadap guru yang belum mengikuti diklat agar dapat memfasilitasi guru tersebut dalam pelaksanaan diklat tahun berikutnya, (2) Kepala Sekolah, diharapkan dapat merancang program diklat sendiri di sekolah masing-masing, (3) Guru, diharapkan dapat mengikuti pelatihan apasaja yang berkaitan dengan tugas mengajar, serta menerapkan teori diklat dalam kegiatan pembelajaran di kelas secara maksimal.
Kata Kunci : Efektifitas, pendidikan dan pelatihan
Download berkas