Penulis / NIM
DITA ADITIA HASAN / 131413066
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Dita aditia hasan 2017, Pengembangan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat di MAN Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbinga (1) Dr. Hj. Fory Armin Nawai,M. Pd, Pembimbing (II) Intan Abd Razak, S. Ag, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan hubungan sekolah dengan masyarakat dalam publik internal di MAN Insan Cendekia Goronralo, (2) pengembangan hubungan sekolah dengan masyarakat dalam menjalim hubungan baik dengan publik eksternal di MAN Insan Cendekia Goronralo, (3) jenis hubungan sekolah dengan masyarakat di MAN Insan Cendekia Goronralo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, dengan alur (a) reduksi data, (b) peyajian data, (c) penarikan kesimpulan. Agar memperoleh keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Hasil penlitian menunjukan: (1) pengembangan hubungan sekolah dengan masyarakat di MAN Insan Cendekia Gorontalo berdasarkan perkembangan teknologi saat ini melalui whatsApp, e-mail dan telpon, serta (a) bentuk komunikasih melalui publik internal, (b) bentuk kegiatan. (2) pengembangan hubungan sekolah dengan masyarakat dalam menjalin hubungan baik dengan publik ekternal, melalui hungan kerja sama serta adanya komunikasi dengan perguruan tinggi dan instansi terkait, seperti: (a) kerjasama dengan perguruan tinggi dan instansi terkait, (b) komunikasi. (3) jenis hubungan sekolah dengan masyarakat, melalui kerja sama dalam hal mendidik, antara sekolah dengan masyarakat, antara sekolah dengan lembaga dan instansi terkait, jenias hubungan: (a) hubungan edukatif, (b) hubungan cultural, (c) hubungan institusional. Berdasarkan beberapa hubungan sekolah dengan masyarakat terciptanya hubungan baik antara sekolah dengan masyarakat. Untuk itu di sarankan: (1) bagi sekolah tetap mempertahankan kerja sama antara sekolah dengan masyarakat dengan instansi dan lembaga pendidikan dalam mensukseskan proram-program yang ada di sekolah sehingga sekolah bisa tetap eksis. (2) bagi kepala sekolah dan guru, dapat memberikan informasi sesuai dengan apa yang di sampaikan oleh pihak sekolah mengenai pendidikan, sehingganya tetap berjalan sebagaimana mestinya dijalankan sesuai dengan pengelolaannya.
Kata kunci: pengembangan, hubungannya sekolah, masyarakat, madrasah Aliyah, Cendekia
Download berkas